PKM Penerapan Media Trainer Sistem Telemetri

Satria Gunawan Zain(1), Zainuddin Zainuddin(2*), Muliaty Yantahin(3), Sugeng A. Karim(4), Riana T. Mangesa(5),

(1) Teknik Komputer Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(2) Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(3) Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri
(4) Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri
(5) Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak Proyek Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini bertujuan menghasilkan luaran positif melalui langkah-langkah penyelesaian masalah dalam PKM PENERAPAN MEDIA TRAINER SISTEM TELEMETRI. Pengembangan dan akuisisi media trainer berbasis IoT berhasil meningkatkan pemahaman mitra terhadap teknologi ini. Pelatihan khusus yang efektif memberikan keterampilan praktis dalam penggunaan media trainer. Panduan dan dokumentasi mendukung pemahaman dan operasional perangkat, terlihat dalam Gambar 5.1. Penerapan modul pelatihan khusus pada pengetahuan dan keterampilan penggunaan media trainer, seperti terlihat pada Gambar 5.2 (Uji Akhir Semester), memperkuat kompetensi mitra. Sesi pelatihan praktis dengan simulasi situasi penggunaan media trainer memberikan pengalaman langsung, dengan dukungan teknis dan bimbingan individu memberikan solusi hambatan. Strategi meningkatkan motivasi belajar, tergambar dalam Gambar 5.3 (Project Akhir), berhasil. Kegiatan pembelajaran interaktif dan menarik memotivasi mitra, dengan koneksi langsung antara materi pelatihan dan aplikasi praktis semakin memperkuat minat mereka. Pengadaptasian materi pelatihan sesuai minat dan kebutuhan mitra, bersama pendekatan pembelajaran aplikatif, meningkatkan minat belajar dan memberikan manfaat nyata. Melibatkan mitra dalam proyek atau tugas terkait sistem telemetri memberikan pengalaman praktis yang berharga. Evaluasi formatif dan sumatif berkala membantu mengukur kemajuan mitra, dengan umpan balik konstruktif dan rekomendasi perbaikan untuk hasil belajar yang mungkin rendah. Program remedial dan tambahan disusun untuk mendukung mitra yang menghadapi kesulitan. Dengan demikian, penyelesaian masalah ini berhasil mengatasi hambatan dan secara signifikan meningkatkan efektivitas penerapan media trainer dalam sistem telemetri sesuai dengan tujuan PKM.

Full Text:

PDF

References


F. Razi, “Pelatihan Peningkatan Skill Bidang Telemetri Berbasis IoT ( Internet of Things ) bagi Alumni Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe,” vol. 5, no. 1, pp. 1–4, 2021.

S. Yeni Widianti, M. Ramzil Akbar, A. Yuniarti, J. Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe Jln Banda, K. kunci-Arduino, and T. Sistem Peringatan Dini, “Proceeding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe Pengembangan Modul Telemetri dan Sistem Peringatan Dini Berbasis IoT (Internet of Things) pada Laboratorium Mikroprosesor dan Interface,” vol. 5, no. 1, pp. 23–27, 2021.

T. Kistofer, “Pengembangan Modul Ajar Rangkaian Digital Dan Trainer Rangkaian Elektronika Muatan Roket (Payload) Mahasiswa Teknik Elektro Unesa,” J. Pendidik. Tek. Elektro, vol. 3, no. 1, pp. 187–193, 2013.

H. Kusumah and R. A. Pradana, “Penerapan Trainer Interfacing Mikrokontroler Dan Internet of Things Berbasis Esp32 Pada Mata Kuliah Interfacing,” J. CERITA, vol. 5, no. 2, pp. 120–134, 2019, doi: 10.33050/cerita.v5i2.237.

T. Kistofer, I. Mufarrihah, and D. Bv. Pratama Putra, “Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Digital Dan Trainer Rangkaian Elektronika Balon Udara Pada Mahasiswa Teknik Informatika Unhasy PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM DIGITAL DAN TRAINER Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Digital Dan Trainer Ran,” pp. 24–34, 2017.


Article Metrics

Abstract view : 46 times | PDF view : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.