Peningkatan Kapasitas Guru - Guru SMAN 1 Pamboang Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Jusniar Jusniar(1*), Alimin Alimin(2), Munawwarah Munawwarah(3),

(1) Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting bagi guru. Melalui pelatihan ini guru-guru dapat meningkatkan kompetensi dan kapasitasnya terutama dalam aspek keterampilan membaca, pengorganisasian data secara sistematis, hingga kemampuan dalam melakukan penelitian tindakan kelas serta melakukan publikasi ilmiah. Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan profesionalisme guru – guru. Kegiatan ini dilaksanakan di Majene, Sulawesi Barat dengan peserta pelatihan yaitu guru – guru SMAN 1 Pamboang sebanyak 15 orang. Kegiatan ini dilakukan oleh dosen pengabdi dari jurusan Kimia FMIPA UNM melalui LP2M. Beberapa hal menjadi pembahasan dalam kegiatan ini diantaranya yaitu karakteristik penelitian PTK, sistematisasi dan komponen-komponen PTK, penggunaan bahasa yang akademis, jelas, dan objektif, serta struktur dan aturan penulisan laporan PTK. Hasil PKM secara umum direspon “sangat baik” oleh 15 peserta dari hasil jajak persepsi melalui angket yang diberikan oleh tim pengabdi. Mereka berharap kegiatan-kegiatan sejenis ini berkelanjutan untuk lebih meningkatkan profesionalisme guruguru. Selama pelatihan berlangsung peserta mengikutiya secara antusias terlihat dari keterlibatan peserta secara aktif dalam tahapan diskusi dan berlatih menyusun sebuah karya penelitian PTK sesuai dengan materi yang disampaikan.

Kata Kunci: Kapasitas guru; Pelatihan; PTK.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Dwi, B. (2020). Mengenal-Karya-IlmiahPengantar-Kuliah-Pki. 2.

Laudon, K. C., dan Laudon, J. P. 2006. Management Information Systems, Managingthe Digital Firm, 10th Edition, Prentice Hall.

Muningsih, Elly., Marifati, Imam Soleh. Handayani. 2020. Pelatihan Microsoft Word untuk engurus Pondok Modern Az-Zahra AlGontory Purwokerto. Laporan Pengabdian Masyarakat

Safaruddin, S; Nurhastuti, N; Zulmiyetri, Z. (2020). Penulisan Karya Ilmiah. Kencana.

Sumardi, H. (2011). Karya Ilmiah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Staffnew.Uny.Ac.Id, 1, 11.

Sutiono. (2021). mutu Pendidikan adalah guru . Guru didalam sejarah perkembangan bangsa penting . Dengan demikian tingkat kompetensi profesi seseorang itu tergantung Profesionalisme Guru Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan , dengan. 4(20), 16–25.

Syahputra, Rian., Buulolo, Efori., & Hutabarat, Hukendik. 2021. Pelatihan Mail Merge Pada Madrasah Aliyah Swasta (Mas) Amaliyah. Jurnal Abdimas Budi Darma. (2), (1): 66 - 68

Taufiqurrahman. (2021). Kompetensi Profesionalisme Guru. https://ntb.kemenag.go.id/baca/1615254480/kompetensi-profesionalisme-gur.


Article Metrics

Abstract view : 26 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.