PKM Penerapan Pompa Ban Yang Praktis Dan Efisien

Muhammad Iskandar Musa(1*), Bakhrani A. Rauf(2), Yasdin Yasdin(3),

(1) Pendidikan Teknologi OtomotifUniversitas Negeri Makassar
(2) Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(3) Pendidikan Teknologi OtomotifUniversitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak Di Indonesia, banyak masyarakat yang memiliki sepeda motor memanfaatkan jasa bengkel kecil atau tukang tambal ban yang disebut dengan "bengkel pompa ban motor" untuk mengatasi masalah ban seperti tambal ban, isi ulang angin, atau perbaikan ban. Bengkel pompa ban motor umumnya merupakan usaha kecil yang menawarkan layanan perawatan dan perbaikan ban sepeda motor. Kaca adalah salah satu kelurahan di pinggir danau tempe di Kecamatan Marioriawa, Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan, Indonesia, Nama Kaca berasal dari sebuah nama Kampung bernama Taluma Kaca. Asal usul nama "Talumakaca" sendiri berasal dua jenis kosa kata bahasa Bugis yakni kata "Taluma dan Kaca" Taluma adalah nama sebuah jenis rerumputan yang banyak tumbuh di rawa-rawa di pinggir danau tempe, sedangkan Kaca berasal dari nama sebuah jenis Ikan bernama "Bale Kaca-Kaca" yang banyak berkembang biak di rawa-rawa yang ditumbuhi jenis tumbuhan yang bernama Taluma di area pinggiran danau tempe. Untuk meningkatkan efisiensi dan kepraktisan proses perawatan ban bagi bengkel dan pengguna sepeda motor, dapat diterapkan inovasi pompa ban portable yang lebih canggih. Pompa ini dapat dioperasikan secara mandiri dengan bantuan bor listrik, tanpa ketergantungan listrik dari jaringan PLN. Selain itu, pompa ban portable ini dirancang hemat energi karena menggunakan tenaga bor listrik, bukan bahan bakar fosil. Permasalahan yang dihadapi mitra pada penerapan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) adalah mitra tidak memiliki: (1) Pengetahuan tentang meggunakan pompa konvesional, (2) Pengetahuan dalam membuat pompa ban yang praktis dan efisien (3) Keterampilan dalam membuat pompa ban yang praktis dan efisien, (4) Keterampilan dalam mendesain, merakit, dan finishing, (5) Keterampilan dalam Mengoperasikan alat pompa ban yang praktis dan efisien, (6) Keterampilan memasang bor pada pompa ban. Metode yang digunakan dalam penerapan PKM ini yaitu dengan melakukan observasi, kemudian memberikan pelatihan penggunaan pompa ban yang praktis dan efisien mulai dari cara pengoperasian, pengaturan tekanan udara, dan perawatan rutin. Selain itu, memberikan pengarahan secara umum tentang bagaimana meningkatkan efisiensi dan memperpanjang umur ban dengan menggunakan pompa ban portable. Metode yang digunakan adalah: demonstrasi, tanya jawab, dan diskusi.

Kata kunci: Pompa, Ban, Praktis, Efisien


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Wikipedia. (2021). "Bengkel Pompa Ban Motor." [Online] Tersedia: [URL Wikipedia tentang Bengkel Pompa Ban Motor] 2.

Halder, A., & Das, A. (2019). Automated Tire Inflation System: A Step Towards Greener Future. International Journal of Engineering Research and Technology, 12(2), 245-249.

O'Brien, J. M., & Colleen, G. (2018). Effect of Tire Pressure on Fuel Consumption in Passenger Cars. SAE Technical Paper, 2018-01-0775.


Article Metrics

Abstract view : 28 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.