Diseminasi Penerapan Motor Penggerak Pada Perahu Fiberglass Model Menara Pinisi UNM

Haruna HL(1*), Husain Syam(2), Bakhrani A. Rauf(3), Yasdi Yasdi(4),

(1) Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(2) Pendidikan Teknologi Pertanian Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(3) Teknik Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(4) Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak Makassar, sebagai Ibu Kota Provinsi Sulawesi Selatan, memiliki posisi geografis yang strategis di Pulau Sulawesi. Kota ini dulu dikenal sebagai Ujung Pandang, terletak antara 119º24'17'38” Bujur Timur dan 5º8'6'19” Lintang Selatan, berbatasan dengan Kabupaten Maros (Utara), Kabupaten Maros (Timur), Kabupaten Gowa (Selatan), dan Selat Makassar (Barat). Kota ini kaya akan potensi sumber daya pesisir dan pulau-pulau kecil, termasuk terumbu karang, lamun, mangrove, pantai, sungai, dan estuari, yang telah dikembangkan untuk wisata bahari.komunitas akademis, industri perahu, pemerintah, dan masyarakat umum. Penerapan motor penggerak pada perahu fiberglass model Menara Pinisi UNM merupakan proyek inovatif yang menggabungkan teknologi modern dengan tradisi budaya nusantara. Penggunaan fiberglass sebagai bahan konstruksi kapal dijelaskan sebagai alternatif ekonomis dibandingkan dengan kayu atau logam. Kegiatan pengabdian masyarakat fokus pada pengetahuan desain kapal dan bahan Fiberglass Reinforced Plastics (FRP) untuk meningkatkan pemahaman komunitas sekitar. Metode PKM melibatkan observasi, penyediaan alat dan bahan, pelatihan, pengarahan, dan evaluasi bersama. Langkah-langkah terlibat mencakup peningkatan keterampilan dan pengetahuan mahasiswa, pameran publik model rangka atap perahu fiberglass, dan diseminasi informasi penerapan motor penggerak pada perahu fiberglass model Menara Pinisi UNM. Program ini menghasilkan luaran berupa peningkatan keterampilan dan pengetahuan mahasiswa, pameran publik, dan potensi pengembangan ekonomi lokal. Diseminasi informasi diharapkan memberikan dampak maksimal pada berbagai pemangku kepentingan, termasuk komunitas akademis, industri perahu, pemerintah, dan masyarakat umum.

Kata kunci: Motor Pengerak, Perahu, Viber Glass.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

F. Husain, T. Rachman, M. Z. Alie, D. T. Kelautan, F. Teknik, and U. Hasanuddin, “Sosialisasi Keselamatan Penyeberangan Wisata Pulau-Pulau Makassar,” vol. 4, pp. 301–307, 2021.

R. Rini, I. Setyobudiandi, and M. Kamal, “Kajian Kesesuaian, Daya Dukung dan Aktivitas Ekowisata di Kawasan Mangrove Lantebung Kota Makassar,” J. Pariwisata, vol. 5, no. 1, pp. 1–10, 2018, doi: 10.31311/par.v5i1.3179.

S. N. Ahmad, M. Y. Jinca, and Y. K. D. S, “Konsep transportasi wisata pusat kota tua Makassar dan sekitarnya,” vol. 16, no. 2018, pp. 77–89, 2019.

S. Pambudi, M. Asrofi, A. Triono, M. Zaid, and B. Tsabit, “Perahu fiberglass untuk penunjang alat penangkap ikan dan sektor pariwisata desa sumberasri kecamatan purwoharjo banyuwangi,” vol. 4, pp. 723–727, 2021.

S. Pambudi et al., “Pembuatan Perahu Fiber Glass untuk Menunjang Wisata Sasak Gantung Genteng Kulon Banyuwangi,” vol. 2, no. 3, pp. 1105–1112, 2021.


Article Metrics

Abstract view : 25 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.