Diseminasi Bimbingan Pembuatan Pot Bunga Dari Limbah Handuk Campur Air Semen Pada Masyarakat Ekonomi Lemah

Bakhrani A. Rauf(1*), Hamsu Abdul Gani(2),

(1) Teknik Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(2) Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kelompok Masyarakat terkhusus kelompok guru di Kecamatan Pamboang, Kabupaten Majene, Pengabdian ini bertujuan untuk mendiseminasi informasi tentang bimbingan pembuatan pot bunga dari limbah handuk campur air semen pada masyarakat ekonomi lemah. Metode penelitian melibatkan kegiatan pelatihan dan pendampingan langsung kepada masyarakat setempat untuk mengajarkan teknik pembuatan pot bunga yang inovatif menggunakan limbah handuk yang sudah tidak terpakai dicampur dengan air semen. Selain membantu mengurangi limbah tekstil, kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan peluang ekonomi kepada masyarakat ekonomi lemah dengan mengajarkan keterampilan yang dapat dijadikan sumber penghasilan tambahan. Evaluasi hasil kegiatan menunjukkan bahwa masyarakat dapat dengan mudah mengadopsi teknik ini, dan produk yang dihasilkan memiliki potensi pasar yang baik. Diseminasi informasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran lingkungan, memberikan keterampilan berwirausaha kepada masyarakat ekonomi lemah, dan memberikan alternatif yang berkelanjutan dalam pengelolaan limbah tekstil.

Kata kunci: Handuk Bekas, Pemanfaatan Kain, Pot

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Situs Internet. Google Inc. 2016. Google Maps. Peta Lokasi Pamboang Kabupaten Polman Sulbar. Wikipedia.org

Wikipedia. 2021. Penjelasan Terkait Pamboang. Wikipedia.com diakses tgl 07 Maret 2022

Artiyani, A., & Ana Anggorowati, D. (2019). Pengolahan Sampah Terpadu Desa Karangkates Untuk Mencapai Zero Waste. Industri Inovatif : Jurnal Teknik Industri. https://doi.org/10.36040/industri.v9i1.376.

Hikmawati, A., Prabowo, M. Y., Hafiz, A.-B., & Sapitri, D. (2020). Pelatihan pengelolaan limbah plastic menjadi kerajinan tangan guna meningkatkan kreatifitas anak-anak. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 131–138.

Hukama, L. D., Simon, Z. Z., Ismail, V. Y., & Zain, E. (2018). Pemberdayaan Ibu-Ibu Rumah Tangga Melalui Pelatihan Kerajinan Makrame dalam Membuat Benda Fungsional Gantungan Pot. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v2i2.725.

Rasal, A. (2018). Pendampingan Wirausaha Mandiri Melalui Pembuatan Pot Dari Handuk Bekas Di Rw 07 Kelurahan Buliang. Minda Baharu. https://doi.org/10.33373/jmb.v1i1.1168.


Article Metrics

Abstract view : 36 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.