Integrasi Numerasi pada Pembelajaran Non-Matematika di SMP Kabupaten Takalar

Awi Dassa(1*), Said Fachry Assagaf(2), Syahrullah Asyari(3),

(1) Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak Numerasi menjadi fokus utama dalam pendidikan tingkat SMP di Indonesia. Berbagai peraturan dan kebijakan berfokus pada penguatan numerasi. Hal ini juga menjadi perhatian guru matematika di Kabupaten Takalar. Tidak menutup kemungkinan bahwa guru mata pelajaran non-matematika dapat membantu dalam penguatan numerasi di sekolah. Oleh karena itu, pengabdian ini dilakukan dengan tujuan untuk melatih guru non-matematika mengintegrasikan pembelajaran numerasi pada pembelajarannya. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa guru dapat merancang pembelajaran numerasi dengan mengaitkan materi dan capaian pembelajaran pada mata pelajarannya sendiri. Pengabdian ini menghasilkan rancangan numerasi pada pembelajaran IPA, IPS, Seni budaya, agama dan Bahasa Indonesia. Pengabdian ini terlaksana dengan baik dan menjadi perhatian oleh dinas pendidikan kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan.

Kata kunci: Numerasi, Mathematika, Integrasi, Non-Matematika, Guru, Rancangan Pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Dirjen GTK. 2023. Peraturan Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi tentang Model Kompetensi Guru.

BPS Kabupaten Takalar. 2023. Takalar Dalam Angka.


Article Metrics

Abstract view : 45 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.