PKM Media Pembelajaran Simulator Mikrokontroler Berbasis Internet Of Things (IoT)

Mustari S. Lamada(1*), Satria Gunawan Zain(2), Abdul Muis Mappalotteng(3), Zainuddin Zainuddin(4),

(1) Teknik Informatika dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(2) Teknik Informatika dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(3) Teknik Informatika dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(4) Teknik Informatika dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak Pengabdian ini membahas tahapan-tahapan dalam pembelajaran "Media Pembelajaran Simulator Mikrokontroler Berbasis Internet Of Things" sebagai bagian dari Program Kemitraan Masyarakat. Fokus utama terletak pada peningkatan pengetahuan peserta didik dalam tiga tahap kunci. Tahap pertama, "Pengetahuan tentang Perancangan Media Pembelajaran," membawa peserta didik untuk memahami konsep dan prinsip-prinsip desain yang mendasari media pembelajaran. Aspek-aspek desain, seperti tata letak konten, penggunaan elemen visual, dan struktur pembelajaran, diperkenalkan dalam konteks simulator mikrokontroler berbasis IoT. Tahap kedua, "Pengetahuan tentang Pembuatan Media Pembelajaran," melibatkan peserta didik dalam mempelajari teknik sederhana pembuatan media pembelajaran interaktif, terutama yang terkait dengan penggunaan simulator mikrokontroler berbasis IoT. Materi mencakup penggunaan alat dan teknologi untuk menciptakan pengalaman belajar yang mendalam, termasuk pengembangan konten, penyusunan skenario, dan teknik implementasi praktis. Tahap terakhir, "Pengetahuan dalam Penerapan Media Pembelajaran," menekankan kemampuan peserta didik dalam mengaplikasikan media pembelajaran yang telah dirancang ke dalam lingkungan pembelajaran. Ini melibatkan penggunaan simulator mikrokontroler berbasis IoT dalam situasi praktikum atau proyek-proyek kecil, memastikan bahwa pengetahuan teoritis dapat diterapkan secara efektif dalam konteks kehidupan nyata. Melalui pemahaman mendalam terhadap ketiga tahap tersebut, diharapkan peserta didik dapat mengembangkan keterampilan merancang, membuat, dan menerapkan media pembelajaran simulasi mikrokontroler dengan baik. Penelitian ini memberikan pandangan komprehensif terhadap proses pengembangan media pembelajaran yang inovatif dan relevan dengan kemajuan teknologi, khususnya dalam konteks mikrokontroler dan Internet of Things.

Kata kunci: IoT, Media, Mikrokontroler


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Muhammad Mufti Wibowo and Reza Nandika, “Pengembangan Trainer Kit Pada Praktikum Mikrokontroler Berbasis Internet of Things Menggunakan Blynk,” Sigma Tek., vol. 5, no. 2, pp. 295–304, 2022.

R. Hidayat and Y. Herdiana, “Perancangan Model Simulasi Sistem Pendeteksi Kebocoran Gas Dan Kebakaran Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Internet of Things (Iot),” J. Teknol. Inf. Univ. Lambung Mangkurat, vol. 5, no. 2, pp. 79–86, 2020, doi: 10.20527/jtiulm.v5i2.58.

D. Wara and B. Suprianto, “Pengembangan Trainer Internet of Things Berbasis Mikrokontroler Esp32 Pada Mata Pelajaran Pemrograman, Mikroprosesor Dan Mikrokontroler Di Smk Negeri 2 Surabaya,” J. Pendidik. Tek. Elektro, vol. 10, no. 02, pp. 103–112, 2021, doi: 10.26740/jpte.v10n02.p103-112.

M. Ari Afrizal, “Rancang Bangun Rumah Pintar Berbasis Iot (Internet of Things) Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Pemrograman, Mikroprosesor, Dan Mikrokontroller Di Smkn2 Surabaya,” J. Pendidik. Tek. Elektro, vol. 7, no. 1, pp. 79–86, 2017.

I. Anshary and E. Edidas, “Pengembangan Trainer Mikrokontroler Sebagai Media Pembelajaran Dengan Metode Fault - Finding,” Voteteknika (Vocational Tek. Elektron. dan Inform., vol. 6, no. 2, p. 80, 2018, doi: 10.24036/voteteknika.v6i2.102123


Article Metrics

Abstract view : 64 times | PDF view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.