Pengembangan Keterampilan Spiritual Teaching Guru MAN 2 Polman

Ahmad Razak(1*), M. Ahkam Alwi(2), Ahmad Yasser Mansyur(3),

(1) Fakultas Fpsikologi, Universitas Negeri Makassar
(2) Fakultas Fpsikologi, Universitas Negeri Makassar
(3) Fakultas Fpsikologi, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Spiritual teaching yaitu mengajar dan membimbing peserta didik dengan menanamkan nilai atau semangat spiritual yang diintegrasikan pada setiap mata pelajaran dalam konsep pengembangan intelektual, emosional dan spiritual. Kegiatan pengabdian yang telah dilakukan bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan peningkatan keterampilan spiritual teaching pada guru MAN 2 Polman. Kegiatan ini dilakukan melalui pelatihan atau workshop dengan memberikan materi, melakukan tanya jawab, diskusi, penugasan, dan praktek kepada peserta. Pelatihan ini dilaksanakan di MAN 2 Polman dan diikuti oleh 30 guru MAN 2 Polman dan hasil pelatihan ini terbukti meningkatkan keterampilan spiritual teaching guru dan guru menunjukkan antusiasme dan respon positif selama mengikuti program pelatihan.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Fachri. (2020). Perencanaan Pengajaran Dalam Pembelajaran. https://bdkmakassar.kemenag.go.id/

Mahmudah, Laely. (2016). Spiritual teaching dalam Pembelajaran IPA di Madrasah. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. Vol. 11 (2), h. 443-463.

Mufid, Fathul. (2016). Spiritual teaching dalam membentuk karakter siswa di SMK Islam Tsambratul Huda Tahunan Jepara. Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. Vol. 11 (2) h.253-276.

Razak, A., Mansyur, A. Y., & Piara, M. (2021). Pentingnya Keterampilan Spiritual Teaching bagi Guru Sebagai Upaya Penigkatan Kecerdasan Spiritual Siswa. Prosiding. Seminar Nasional Hasil Penelitian 2021, h. 1642-1650.

Sutikno, Agus. (2018). Profesionalisme Guru Abad XXI. Prosiding. Seminar Nasional IKA UNY, h. 45-57.


Article Metrics

Abstract view : 46 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.