Diseminasi Penerapan Becak Motor (Bentor) Berbentuk Menara Pinisi UNM Berwawasan Lingkungan

Agussalim Djirong(1*), Husain Syam(2), Bakhrani A. Rauf(3),

(1) Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar
(2) Pendidikan Teknologi Pertanian Universitas Negeri Makassar
(3) Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak Penerapan Becak Motor (Bentor) berbentuk Menara Pinisi Berwawasan Lingkungan, merupakan inovasi transportasi yang mengedepankan aspek lingkungan. Menara Pinisi sebagai simbol keberlanjutan dan kearifan lokal diintegrasikan dengan penggunaan becak motor sebagai sarana transportasi berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mendiseminasi penerapan Bentor berbentuk Menara Pinisi dan menganalisis dampaknya terhadap lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah survei, observasi, dan wawancara. Responden meliputi pengguna Bentor, operator, dan pihak terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Bentor Menara Pinisi berhasil meningkatkan aksesibilitas dan mobilitas di masyarakat. Dampak positif juga terlihat pada pengurangan emisi gas buang dan kontribusi terhadap pelestarian lingkungan. Selain itu, aspek sosial dan ekonomi juga terpengaruh positif dengan adanya peningkatan kesejahteraan penarik Bentor. Penerapan Bentor Menara Pinisi diharapkan dapat menjadi model dalam menerapkan transportasi berbasis lingkungan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan Bentor Menara Pinisi memberikan kontribusi positif terhadap aspek lingkungan, sosial, dan ekonomi. Oleh karena itu, diseminasi hasil penelitian ini diharapkan dapat mendorong penerapan inovasi serupa di berbagai konteks, sehingga dapat meningkatkan keberlanjutan transportasi dan pelestarian lingkungan secara luas.

Kata kunci: Becak Motor, Bentor, Lingkungan


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Situs Internet. Google Inc. 2016. Google Maps. Peta Lokasi Marioriawa Kabupaten Soppeng Sulsel. Wikipedia.org.

Mindara Mindawarni Indah. 2016. Universitas Hasanuddi. Implementasi Kebijakan Pengendalian Becak Motor Di Kota Makassar.

Andi Fajar Anas. 2017. Universitas Hasanuddi. Pengendalian Becak Motor Sebagai Angkutan UmumDi Kota Makassar.

Herlinah Johar. Aspek Hukum Tentang Pengendalian Operasional Transportasi Becak Motor Dalam Wilayah Kota Makassar.

Qamal. Universitas Indonesia Timur. Koordinasi Kepolisian Dan Dinas Perhubungan DalamPenertiban Becak Motor Di Kota Makassar.

Laurensius, Pengembangan Desain Becak Listrik Sebagai Upaya Pelestarian Transportasi Becak Di Kota Yogyakarta https://journals.itb.ac.id/index.php/sostek/article/view/12741/4908. Volume 19, No 2, Agustus 2020


Article Metrics

Abstract view : 33 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.