PKM Penerapan Alat Pembakaran Ikan Yang Praktis dan Efisien

Samnur Samnur(1*), Bakhrani A. Rauf(2), Eko Hadi Sujion(3),

(1) Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(2) Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(3) Fisika Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak Indonesia, dengan 17.000 pulau dan garis pantai yang membentang selama ribuan kilometer, adalah salah satu negara dengan sumber daya laut yang sangat kaya. Sektor perikanan merupakan tulang punggung ekonomi masyarakat pesisir dan menyediakan sebagian besar kebutuhan protein bagi penduduk Indonesia. Dalam proses pemrosesan ikan, salah satu metode yang sering digunakan adalah pembakaran ikan. Metode ini telah menjadi tradisi dalam budaya kuliner Indonesia, dan produk ikan hasil pembakaran menjadi menu favorit di warung-warung makan lokal maupun restoran. Penggunaan tungku dalam proses pembakaran ikan konvensional atau sederhana bentuk kotak dari seng, arang sebesar 20 x 30 Cm memiliki sejumlah masalah yang perlu diatasi. Tungku tradisional ini menghasilkan emisi polusi seperti asap dan partikel-partikel berbahaya yang mencemari udara dan dapat berdampak buruk pada kesehatan masyarakat, terutama mereka yang bekerja di warung makan yang terpapar secara terus-menerus. Salah satu usaha yang memiliki nilai jual tinggi dan mendukung untuk meningkatkan perekonomian masyarakat adalah usaha warung makan, restoran, dan pedagang ikan. Hal ini menjadi dasar terbentuknya komunitas pembakar ikan di Kelurahan Kaca, Kabupaten Soppeng sebagai mitra kegiatan pelaksanaan PKM. Komunitas ini merupakan kumpulan pelaku usaha rumah makan dan penjual ikan panggang yang membutuhkan alat pembakaran ikan praktis dan efisien. Metode yang digunakan dalam penerapan PKM ini yaitu dengan melakukan observasi terlebih dahulu, kemudian memberikan pelatihan penggunaan alat pembakaran ikan mulai dari cara menyalakan api, mengatur tinggi rendahnya bara api, mengatur lama pembakaran, dan cara memasukkan serta mengeluarkan ikan dari alat pembakaran. Selain itu, memberikan pengarahan secara umum tentang bagaimana menghasilkan ikan bakar yang berkualitas menggunakan alat pembakaran ikan praktis dan efisien ini. Metode yang digunakan adalah: demonstrasi, tanya jawab, dan diskusi. Luaran yang dihasilkan dalam Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah mitra mampu dan terampil dalam menggunakan mesin penetas telur ayam otomatis. Selain itu luaran tambahan berupa Video kegiatan, Media Online, Laporan akhir, serta Prosiding dalam Seminar Nasional.

Kata kunci: Alat, Pembakaran, Ikan, Praktis, Efisien


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

KKP. (2022). Potensi Sumber Daya Ikan Indonesia. Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia. https://kkp.go.id/djpdikp/sdikp

Anwar, F., Anggun, M., & Hermawan, A. (2016). Unjuk kerja sistem pembakaran tungku arang untuk ikan bakar. Jurnal Ilmiah Rekayasa Pertanian dan Biosistem, 4(1), 168-175.

Anwar, F., Anggun, M., & Hermawan, A. (2016). Unjuk kerja sistem pembakaran tungku arang untuk ikan bakar. Jurnal Ilmiah Rekayasa Pertanian dan Biosistem, 4(1), 168-175.

Nurlaily, A., Nasrah, N., Astuti, D. F., & Anshar, A. (2021). Pelatihan Pembuatan Tungku Pembakaran Ikan Skala Rumah Tangga Bagi Nelayan Di Kelurahan Ujung Bulu Kecamatan Ujung Bulu Kabupaten Bulukumba. JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian Dan Penerapan IPTEK), 5(2), 126-132.


Article Metrics

Abstract view : 52 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.