PKM Media Pembelajaran Robotik Berbasis Mikrokontroler Arduino

Muliaty Yantahin(1), Satria Gunawan Zain(2), Zainuddin Zainuddin(3*), Sugeng A. Karim(4), Kholik Prasojo(5),

(1) Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(2) Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(3) Teknik Komputer Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(4) Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(5) Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak Penerapan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dalam media pembelajaran sistem telemetri menghadapi permasalahan utama terkait ketiadaan media trainer berbasis Internet of Things (IoT). Mitra, sebagai peserta program, menghadapi kendala dalam memiliki sarana pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan teknologi IoT, yang diperlukan untuk mendukung pemahaman dan keterampilan dalam sistem telemetri. Media trainer menjadi elemen kunci karena memberikan pengalaman praktis dan aplikatif kepada mitra, memungkinkan pembelajaran interaktif dan langsung sesuai konteks yang relevan. Penyelesaian masalah difokuskan pada penyediaan media trainer yang dapat memenuhi kebutuhan mitra, mendukung efektivitas penerapan sistem telemetri, serta meningkatkan motivasi dan minat belajar mitra. memvisualisasikan pembelajaran menggunakan media trainer Arduino sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan ketiadaan media trainer sistem telemetri berbasis IoT. Langkah-langkah konkret diterapkan untuk mengatasi ketidakmampuan mitra dalam pengetahuan dan keterampilan penerapan media trainer. Pelatihan intensif melibatkan pemahaman konsep dasar, aplikasi praktis, dan pengembangan keterampilan praktis mitra. menunjukkan perkembangan keterampilan mahasiswa dalam menggunakan media trainer. Selanjutnya, permasalahan motivasi belajar mitra diatasi melalui pendekatan yang membangkitkan motivasi belajar, seperti penggunaan metode pembelajaran menarik dan kaitan materi dengan situasi praktis, serta pemberian insentif atau pengakuan. mencerminkan aktivitas pembelajaran dengan alat trainer Arduino sebagai solusi terhadap kurangnya motivasi belajar mitra. Kurangnya minat belajar mitra menjadi fokus analisis untuk mencari penyebab dan mengembangkan strategi pembelajaran yang menarik dan kontekstual, memberikan pemahaman jelas terhadap manfaat aplikatif dari materi sistem telemetri. menampilkan hasil prototipe sebagai langkah penyelesaian masalah terhadap rendahnya hasil belajar mitra. Langkah-langkah perbaikan melibatkan pengembangan metode pembelajaran yang lebih interaktif, penyajian materi yang terstruktur dan relevan, serta upaya meningkatkan partisipasi aktif mitra dalam kegiatan praktis. Evaluasi terus-menerus dilakukan untuk memastikan bahwa perbaikan memberikan dampak positif pada pencapaian tujuan pembelajaran sistem telemetri secara berkelanjutan.

Kata kunci: Media, Mikrokontroller, Arduino


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

F. Fauzi, I. Irwanto, and E. Permata, “Pengembangan Jobsheet Robotika Line Follower Robot berbasis Mikrokontroler Arduino UNO,” J. Pendidik. Tek. Elektro, vol. 3, no. 1, pp. 49–53, 2022, doi: 10.24036/jpte.v3i1.161.

A. Efendi, “Pengembangan Media ‘Agus Trainer’ Untuk Pembelajaran Robotika,” Edutic-Scientific J. Informatics Educ., vol. 5, no. 1, pp. 32–38, 2018, [Online]. Available: https://core.ac.uk/download/pdf/300042541.pdf

N. Alamsyah, H. Arfandy, R. M. Rahma, and A. Darmawansyah, “Rancang Bangun Trainer Kit Berbasis Arduino Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Kuliah Robotika,” J. Teknol. dan Komput., vol. 2, no. 02, pp. 190–195, 2022, doi: 10.56923/jtek.v2i02.97.

H. Rivai et al., “Robot Penggerak Dua Roda Sebagai Media Pembelajaran Robotik bagi Siswa di Pondok Pesantren IMMIM Makassar Two-Wheel Drive Robot as Robotic Learning Media for Students at IMMIM Islamic Boarding School Makassar,” Panrita Abdi - J. Pengabdi. pada Masy., vol. 5, no. 2, pp. 144–151, 2021, [Online]. Available: http://journal.unhas.ac.id/index.php/panritaabdi

D. Sopiansyah, S. Masruroh, Q. Y. Zaqiah, and M. Erihadiana, “Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka ),” vol. 4, pp. 34–41, 2022.


Article Metrics

Abstract view : 53 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.