PKM Diseminasi Penyusunan Soal Berorientasi Higher Order Thinking Skills bagi Guru MIPA Se-Kabupaten Gowa

Khaeruddin Khaeruddin(1*), Fajar Arwadi(2), Hisyam Ihsan(3),

(1) Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. PKM Diseminasi Penyusunan Soal Berorientasi Higher Order Thinking Skills Bagi Guru MIPA Se-Kabupaten Gowa bertujuan untuk melatih guru-guru dalam hal penyusunan soal berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS). Sasaran khusus dari kegiatan ini adalah guru-guru di Wilayah kecamatan Sombaopu dan sekitarnya. Metode yang digunakan adalah metode Demostrasi dan Tanya jawab penysunan soal HOTS . Adapun kegiatan ini dimulai dengan observasi lingkungan dan lembaga/instansi terkait, lalu dilakukan koordinasi dengan kepala dinas atau kepala LPMP terkait jadwal dan tempat pelaksanaan. Dilanjutkan dengan kegiatan inti berupa pelatihan penyusunan soal-soal HOTS. Hasil yang diperoleh adalah meningkatknya pengetahuan peserta pelatihan, khususnya dalam membuat soal-soal HOTS.

 

Kata kunci: HOTS, Soal HOTS


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Awaliyah, S. (2018). Penyusunan soal HOTS bagi guru PPKN dan IPS Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial, 1(1), 46-53.

Laila, N. (2019). Meningkatkan kemampuan guru IPS dan PPKN dalam menyusun soal HOTS melalui workshop di kota Mojokerto. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 5(2), 19-24.

Merta, I.W., Lestari, N., & Setiadi, D. (2019). Teknik penyusunan instrumen higher order thinking skills (HOTS) bagi guru-guru SMP rayon 7 Mataram. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 48-53.

Salirawati, D., dkk. (2017). Pelatihan pengembangan soal HOT (higher order thinking) sebagai peningkatan kompetensi pedagogik guru. INOTEKS, 21(1), 14-25.

Salam, M. S. (2019). Penyusunan soal HOTS guru bahasa indonesia SMP negeri di kota Tulungagung. Jurnal Ilmiah NOSI, 7(2).

Tajudin, N. M., & Chinnappan, M. (2017). Role of higher order thinking skills in enhancing mathematical problem solving, Man in India, 97(17), 209-214.

Thomas, A., and Thorne, G. (2009). How To Increase Higher Order Thinking. Metarie, LA: Center for Development and Learning. Tersedia: http://www.cdl.org/resource-library/articles/HOT.php?type=subject&id=18.

Wahidmurni. (2017). Metodologi Pembelajaran IPS: Pengembangan Standar Proses Pembelajaran IPS di Sekolah/Madrasah. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Wahyuningtyas, N., & Ratnawati, N. (2018). Workshop pengembangan soal higher order thinking skill (HOTS) bagi guru-guru MGMP IPS kabupaten malang pelatihan penyusunan. Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial, 1(2), 73-79.

Widana, I. W. (2017). Higher order thinking skills assessment (HOTS). JISAE (Journal of Indonesian Student Assesment and Evaluation), 3(1), 32 - 44..


Article Metrics

Abstract view : 27 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.