PKM Pendekatan Role Playing pada Guru-Guru UPTD SDN 55 Dateng-dateng Kab. Majene

Yonathan Saba’ Pasinggi(1*), Ritha Tuken(2), Usman Usman(3),

(1) Dosen PGSD FIP Universitas Negeri Makassar
(2) Dosen PGSD FIP Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak.  Berdasarkan, rumusan dalam PKM ini adalah Bagaimanakah penerapan pembelajaran kooperatif tipe role playing pada guru-guru SDN 55 Dateng-dateng pembelajaran PKn. Adapun tujuan yang diharapkan dari PKM ini adalah untuk penyamaan persepsi proses penerapan pembelajaran kooperatif tipe role playing dalam pembelajaran  pada mata pelajaran PKn di kelas VI  SDN 55 Dateng-dateng Kab. Majene. Pendekatan yang digunakan dalam penyuluhan ini adalah melati guru-guru-dalam menerapkan pendekatan role playing, yaitu pendekatan penyuluhan ini untuk mendeskripsikan aktifitas langkah-langkah model pada guru-guru dalam pelaksanaan  penyuluhan. Jenis penyuluhan   ini   yang biasa juga disebut PKM dengan tahapan-tahapan pelaksanaan meliputi: perencanaan pembuatan media, Penyusunan RPP, peragaan model role playing. Pada Pelaksanaan dimulai dari memberikan angket untuk mengetahui kemampuan awal para guru-guru, dari angket ternyata guru- guru SDN 55 Dateng-dateng sudah mengetaui tentang pendekatan role playing tapi tidak pernah menggunakan pendekatan ini dalam pembelajaran . Berawal dari situ Tim pelaksana PKM memberikan penyuluhan melalui power point, menjelaskan cara menyusun rancangan pembelajaran pendekatan role playing   pada guru-guru SDN 55 dateng-dateng. Kemudian setelah sesesai penjelan Tim guru-guru di bagi menjadi dua kelompok yaitu kelas tinggi dan kelas rendah. Kedua kelompok membuat RPP  dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Role Playing. Sesudah selesai menyusun masing-masing kelompok mempresentasikan kemudian  kemudian masing-masing kelompok diberikan masukan untuk perbaikan pembelajarannya untuk di gunakan pada saat merekan di kelasnya masing-masing.

Kata Kunci: Pembelajaran PKn, Pendekatan Kooperatif tipe role playing


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Hanafiah & Suhana . 2009 . Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung : Refika Aditama.

Imron, Syaiful. 2009. Role Playing. http://gooogle/ipank_say.blogspot.com, diakses tanggal 23 September 2012.

Makhrufi. 2009. Role Playing : Suatu Alternatif Pembelajaran yang Efektif dan Menyenagkan dalam Meningkatkan Keterampilan Murid. http://www.infodiknas.com, (diakses tanggal 23 September 2012).

Samira. 2008. Peranan Pembelajaran PKn dalam Meningkatkan Moral Siswa di Sekolah Dasar. Makassar : Universitas Negeri Makassars

Sardiman. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grasindo.

Sinring, Abdullah, dkk. 2012. Pedoman penulisan skripsi program S-1 Fakultas Ilmu Pendidikan UNM. Makassar: FIP UNM.

Sisdiknas. 2006. Himpunan Peraturan Perundang-Undangan UU NO. 20 Tahun 2003. Jakarta: Fokusmedia.

Slameto. 2003. Belajar Dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. Nana. 2000. Cara Belajar Mueid Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Sukardjo dan Ukim. 2009. Landasan Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Suryabrata, Sumadi. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Syamsu. 2000. Role Playing. http://www.infodiknas.com, diakses tanggal 23 September 2012.


Article Metrics

Abstract view : 18 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.