Pelatihan Penyusunan Instrumen Asesmen Pembelajaran Berbasis Proyek sebagai Bentuk Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Yayasan Kemala Bhayangkari Makassar

Nunik Lestari(1*), Lahming Lahming(2), Andi Muhammad Akram Mukhlis(3),

(1) Program Studi Pendidikan Teknologi Pertanian Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(2) Program Studi Pendidikan Teknologi Pertanian Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(3) Program Studi Pendidikan Teknologi Pertanian Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak – Pembelajaran berbasis proyek atau Project Based Learning (PJBL) merupakan salah satu konsep dalam implementasi Kurikulum Merdeka. PJBL merupakan hal yang penting dalam upaya pengembangan karakter siswa, karena memberikan kesempatan bagi mereka untuk belajar melalui pengalaman secara langsung (experiential learning). Hasil belajar dari penerapan PJBL tersebut diukur dalam sebuah asesmen pembelajaran, guna mengukur tingkat capaian dan perkembangan belajar siswa. Namun demikian masih terdapat kendala bagi para guru dalam penyusunan instrumen asesmen pembelajaran berbasis proyek, seperti yang dialami guru-guru di Sekolah Yayasan Kemala Bhayangkari Makassar. Oleh karena itu kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan pelatihan penyusunan instrumen asesmen pembelajaran berbasis proyek sebagai bentuk implementasi Kurikulum Merdeka. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dalam beberapa tahapan, yaitu tahapan koordinasi, pelatihan, dan evaluasi. Hasil dari kegiatan ini telah memberikan peningkatan pengetahuan dan keterampilan bagi para peserta dalam menyusun instrumen asesmen pembelajaran berbasis proyek. Hal tersebut diindikasikan dari peningkatan nilai evaluasi dalam bentuk pretest dan post-test serta respon peserta pelatihan, dengan hasil yang sangat baik. Hasil yang diperoleh dari kegiatan pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja para peserta dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran berbasis proyek di sekolahnya masing-masing.
Kata kunci: Guru, Penilaian, Proyek.

Full Text:

PDF

References


Adri, R. F. (2020). Pengaruh pre-test terhadap tingkat pemahaman mahasiswa program studi ilmu politik pada mata kuliah ilmu alamiah dasar. Menara Ilmu, 14(1), 81-85.

Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2022). Urgensi pendidikan nilai di era globalisasi. Jurnal Basicedu, 6(3), 3222-3229.

Kamil, M. (2010). Model Pendidikan Dan Pelatihan (Konsep dan Aplikasi). Bandung: Penerbit Alfabeta

Mujiburrahman, M., Suhardi, M., & Hadijah, S. N. (2022). Implementasi model pembelajaran project base learnig di era kurikulum merdeka. Community: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 91-99.

Nurdin, S. (2018). Pengembangan kurikulum dan rencana pembelajaran semester (RPS) berbasis KKNI di perguruan tinggi. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 21-30.

Nursalam, N., Sulaeman, S., & Latuapo, R. (2023). Implementasi kurikulum merdeka melalui pembelajaran berbasis proyek pada sekolah penggerak kelompok bermain terpadu nurul falah dan ar-rasyid banda. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(1), 17-34.

Poerwanti, J. I. S., & Marmoah, S. (2023). Pelatihan menyusun instrumen asesmen pembelajaran berbasis proyek pada guru-guru sd di kecamatan simo boyolali. Widya Laksana, 12(2), 279-287.

Purwanto, N. 2009. Prinsip – Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal basicedu, 6(4), 6313-6319.

Santika, I. G. N., Suarni, N. K., & Lasmawan, I. W. (2022). Analisis perubahan kurikulum ditinjau dari kurikulum sebagai suatu ide. Jurnal Education and development, 10(3), 694-700.

Slameto. (2014). Professional development of elementary school teachers as agent of learning through ‘personnel training and development model and its determinants for success’. International Conference on Fundamentals and Implementation of Education (ICFIE), 202–208. https://eprints.uny.ac.id/25022/1/D-30.pdf

Sintiawati, N., & Fajarwati, S. R. (2019). Partisipasi orang dewasa dalam sebuah pelatihan. Indonesian Journal of Adult and Community Education, 1(1), 26-30.

Ulinniam, Hidayat, Barlian, U. C., & Iriantara, Y. (2021). Penerapan kurikulum revisi 2013 dimasa pandemi pada SMK IBS Tathmainul Qullub Indramayu. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 118–126.

Yulianto, H. (2022). Implementation of learning assessment model on the curriculum of merdeka belajar. Technical and Vocational Education International Journal (TAVEIJ), 2(2), 22-34.

Yulianto, H. 2016. Statistik 1. Yogyakarta: Lembaga Ladang Kata.

Yulianto, H., & Iryani, I. (2023). Pendampingan Asesmen Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada SMAN 13 Takalar. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(3), 488-503.


Article Metrics

Abstract view : 120 times | PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.