Pelatihan Penyusunan Instrumen Asesmen Pembelajaran Berbasis Proyek sebagai Bentuk Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Yayasan Kemala Bhayangkari Makassar
(1) Program Studi Pendidikan Teknologi Pertanian Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(2) Program Studi Pendidikan Teknologi Pertanian Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(3) Program Studi Pendidikan Teknologi Pertanian Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Kata kunci: Guru, Penilaian, Proyek.
Full Text:
PDFReferences
Adri, R. F. (2020). Pengaruh pre-test terhadap tingkat pemahaman mahasiswa program studi ilmu politik pada mata kuliah ilmu alamiah dasar. Menara Ilmu, 14(1), 81-85.
Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2022). Urgensi pendidikan nilai di era globalisasi. Jurnal Basicedu, 6(3), 3222-3229.
Kamil, M. (2010). Model Pendidikan Dan Pelatihan (Konsep dan Aplikasi). Bandung: Penerbit Alfabeta
Mujiburrahman, M., Suhardi, M., & Hadijah, S. N. (2022). Implementasi model pembelajaran project base learnig di era kurikulum merdeka. Community: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 91-99.
Nurdin, S. (2018). Pengembangan kurikulum dan rencana pembelajaran semester (RPS) berbasis KKNI di perguruan tinggi. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 21-30.
Nursalam, N., Sulaeman, S., & Latuapo, R. (2023). Implementasi kurikulum merdeka melalui pembelajaran berbasis proyek pada sekolah penggerak kelompok bermain terpadu nurul falah dan ar-rasyid banda. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(1), 17-34.
Poerwanti, J. I. S., & Marmoah, S. (2023). Pelatihan menyusun instrumen asesmen pembelajaran berbasis proyek pada guru-guru sd di kecamatan simo boyolali. Widya Laksana, 12(2), 279-287.
Purwanto, N. 2009. Prinsip – Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal basicedu, 6(4), 6313-6319.
Santika, I. G. N., Suarni, N. K., & Lasmawan, I. W. (2022). Analisis perubahan kurikulum ditinjau dari kurikulum sebagai suatu ide. Jurnal Education and development, 10(3), 694-700.
Slameto. (2014). Professional development of elementary school teachers as agent of learning through ‘personnel training and development model and its determinants for success’. International Conference on Fundamentals and Implementation of Education (ICFIE), 202–208. https://eprints.uny.ac.id/25022/1/D-30.pdf
Sintiawati, N., & Fajarwati, S. R. (2019). Partisipasi orang dewasa dalam sebuah pelatihan. Indonesian Journal of Adult and Community Education, 1(1), 26-30.
Ulinniam, Hidayat, Barlian, U. C., & Iriantara, Y. (2021). Penerapan kurikulum revisi 2013 dimasa pandemi pada SMK IBS Tathmainul Qullub Indramayu. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 118–126.
Yulianto, H. (2022). Implementation of learning assessment model on the curriculum of merdeka belajar. Technical and Vocational Education International Journal (TAVEIJ), 2(2), 22-34.
Yulianto, H. 2016. Statistik 1. Yogyakarta: Lembaga Ladang Kata.
Yulianto, H., & Iryani, I. (2023). Pendampingan Asesmen Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada SMAN 13 Takalar. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(3), 488-503.
Article Metrics
Abstract view : 120 times | PDF view : 9 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.