PKM Pengembangan Wirausaha IRT Petani Melalui Produk Selai Rumput Laut

Firdaus W. Suhaeb(1*), Ernawati S. K(2), Andi Sadriani(3), Mubarak Dahlan(4), Hamda Hamda(5),

(1) Jurusan Sosiologi Antropologi Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi Pendidikan Teknologi Pertanian Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Sosiologi Antropologi Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar
(4) Jurusan Sosiologi Antropologi Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar
(5) Prodi Pendidikan Matematika, FMIPA Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak – Masyarakat Indonesia yang bertempat tinggal di wilayah pesisir dari dahulu telah memanfaatkan rumput laut untuk dikonsumsi sebagai sayuran. Dalam rangka peningkatan nilai tambah dan nilai jual rumput laut, pengembangan usaha rumput laut sehingga pemahaman dan keterampilan masyarakat juga perlu ditingkatkan khususnya di wilayah desa-desa pesisir agar bisa menciptakan produk yang bisa dijual untuk menambah penghasilan keluarga. Salah satu produk yang dapat diolah dari bahan dasar rumput laut adalah selai rumput laut karena biayanya relatif murah dan dan bahan bakunya tersedia di Desa Pancana. Metode alih teknologi yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan PKM ini adalah Ceramah, Diskusi dan Tanya Jawab, Demonstrasi, dan pendampingan yang dilengkapi dengan teknik belajar sambil bekerja (learning by doing). Khalayak sasaran antara kegiatan PKM ini adalah Kelompok Ibu Rumah Tangga Petani Rumput Laut sebagai mitra PKM. Hasil pelaksanaan PKM menunjukkan bahwa Kelompok Ibu Rumah Tangga Petani Rumput Laut sangat antusias dan termotivasi untuk berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan pelatihan produk olahan rumput laut menjadi selai rumput laut. Antusiasme peserta dalam pelaksanaan pelatihan menunjukkan bahwa melalui pelatihan para ibu rumah tangga petani rumput laut sebagai kelompok mitra dapat diberdayakan. Luaran pelaksanaan pelatihan adalah 1) Meningkatnya pemahaman Kelompok mitra PKM tentang kandungan gizi dan manfaat rumput laut; 2) Meningkatnya pemahaman dan keterampilan Kelompok mitra PKM tentang cara mengolah rumput laut menjadi produk olahan selai rumput laut; 3) Termotivasinya Kelopok mitra PKM untuk memproduk olahan selai rumput laut dalam bentuk rintisan wirausaha produk selai rumput laut yang berskala usaha micro dan atau skala rumahan.
Kata kunci: Pengembangan Kewirausahaan, Ibu Rumah Tangga Petani, Rumput Laut, Selai

Full Text:

PDF

References


Anggadiredja, J.T., A. Zatnika, H. Purwoto & S. Istini. 2006. Rumput Laut. Penebar Swadaya, Jakarta, 148 p.

Astawan. 1991. Teknologi Pengolahan Pangan Nabati Tepat Guna Akademika Pressindo. Jakarta.

Dwiyitno, 2011. Rumput Laut sebagai Sumber Serat Pangan Potensial. Jurnal Squalen Vol. 6 Nomor 1. https://www.researchgate.net/profile/Dwiy itno_Dwiyitno/publication/303381338_Se aweed_as_a_potential_source_of_dietary_ fiber/links/573f2b0608ae9ace84133ebe/Se aweed-as-a-potential-source-of-dietaryfiber.pdf. Diakses 41 April 2020.

FAO. (2018). The Global Status of Seaweed Production, Trade and Utilization Vol. 124. Roma

Imam, Muhammad. 2016. “Studi Tentang Pemberdayaan Masyarakat Petani Rumput Laut Di Kelurahan Pantai Amal Kecamatan Tarakan Timur Kota Tarakan.” Ilmu Pemerintahan 4(1):64–77

Kementrian Kelautan dan Perikanan. 2013. Laporan Tahunan Direktorat Produksi Tahun 2013. Direktorat Perikanan Budidaya. Jakarta.

Kementrian Kelautan dan Perikanan. (2016. Rumput Laut dan Pemanfaatannya. Jakarta.

Lubis Yanti Meldasari, Novia Mehra Erfiza, and Ismaturrahmi Fahrizal. 2013. “Pengaruh Konsentrasi Rumput Laut (Eucheuma Cottonii) Dan Jenis Tepung Pada Pembuatan Mie Basah.” 6(4):1–30.

Mahalizikri, Irawan Fakhrudin. 2019. “Membangun Dan Mengembangkan Serta Meningkatkan UMKM Di Desa Tenggayun.” IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita 8(2):185–94. doi: 10.46367/iqtishaduna.v8i2.171.

Margono, T., D. Suryati & S. Hartinah. 1993. Buku Panduan Teknologi Pangan. Kantor Deputi Menegristek Bidang Pendayagunaan dan Pemasyarakatan Iptek.

Nurmala, Tri Sinari, Ema Lilianti, Jusmany, Emilda, Aryo Arifin, and NurkadinaNovalia. 2022. “Usaha Kuliner Sebagai Penggerak UMKM Pada Masa Pandemi Covid 19.” AKM Aksi Kepada Masyarakat 3(1):65–74

Payne, M., 1997. Modern Social Work Theory. Second Edition. McMilan Press Ltd. London.

Waryono, Tarsoen. (2001). Biogeografi Alga Makro (Rumput Laut) Di Kawasan Pesisir Indonesia. Seminar Ikatan Geografi Indonesia (IGI). Malang

Winarno FG. 1990. Teknologi Pengolahan Rumput Laut. Pustaka Harapan. Jakarta.

Wiratmaja I Gede, I Gusti Bagus Wijaya Kusuma, dan I Nyoman Suprapta Winaya. (2011). Pembuatan Etanol Generasi Kedua Dengan Memanfaatkan Limbah Rumput Laut Eucheuma Cottonii Sebagai Bahan Baku. Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Cakram Vol. 5 No.1. April 2011 (75- 84)

Wonggo, D. Penerimaan Konsumen terhadap Selai Rumput Laut. 2010. Jurnal Perikanan dan Kelautan Vol. VI (1); 51-53


Article Metrics

Abstract view : 48 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.