Pelatihan Perencanaan Karir bagi Komunitas Mahasiswa Disabilitas di Kota Makassar

Rahmawati Syam(1*), Resekiani Mas Bakar(2), Andi Nasrawati Hamid(3), Syamsul Bakhri Gaffar(4), Dahlan Dahlan(5),

(1) Jurusan Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(4) Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan,Universitas Negeri Makassar
(5) Jurusan Adminitrasi Publik, Program Pasca Sarjana IISIP YAPIS Biak.
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak Pertumbuhan dan perkembangan suatu organisasi mengisyaratkan adanya ketersediaan sumber daya yang andal. Sumber daya yang dimaksud adalah sumber daya dengan kualitias baik yang tentunya memiliki kualifikasi sesuai kebutuhan organisasi. Kualifikasi sumber daya yang baik dapat diawali dengan mengenali kekuatan yang dimiliki dan mengelola kelemahan yang ada serta menyusun perencaanan karir yang tepat bagi individu. Kemampuan dalam mengenali, mengembangkan diri serta merencanakan karir yang lebih matang dibutuhkan oleh para penyandang disabilitas agar angka partisipasi kerja menjadi lebih tinggi. Pengembangan diri dan perencanaan karir menjadi hal yang dianggap penting sebagai persiapan atau bekal bagi individu khususnya penyandang disabilitas agar lebih siap terjun di dunia kerja. Pelaksanaan kegiatan PKM ini berfokus kepada pelatihan Perencanaan Karir yang terbagi atas tiga sesi latihan terhadap materi yang telah diberikan pada setiap akhir pertemuan. Pelaksanaan PKM  dipusatkan di Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar. Peserta pelatihan berjumlah delapan mahasiswa disabilitas khususnya penyandang tuna netra. Peserta kegiatan sangat mengapresiasi kegiatan ini dan terbantu karena peserta mendapatkan tambahan pengetahuan, pengalaman mengetahui minat bakat serta keterampilan  yang berkaitan dengan perencanaan karir dan persiapan untuk memasuki dunia kerja.

Kata kunci: Komunitas Mahasiswa Disabilitas, Pelatihan, Perencanaan Karir.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Benoit, C., Jansson, m., Jasenberger, M., & Phillips, R. (2013) Disability Stigmatization as a barrier to employment equity for legally blind Canadians. Disability & Society, 28(7), 970-983.

Dewi, U. (2015). Implementasi kebijakan kuota bagi penyandang disabilitas untuk mendapatkan pekerjaan di Kota Yogyakarta. Jurnal Natapraja: Kajian Ilmu Adminstrasi Negara, 3(2), 67-83.

Kristiyanti, E. 2019. Model Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif bagi Penyandang Disabilitas Intelektual: Studi kasus di DKI Jakarta. Indonesian Journal of Religion and Society, 1(1), 66-79.

Mulyadi, T. (2020) Pengelolaan Karyawan Difabel pada Hotel Berbintang di Kota Bandung. Journal of Accounting & Management Inoovation, 4 (1), 16-36.

Undang-undang No.8 Tahun 2015 tentang Penyandang Disabilitas.

Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Pasal 27 ayat (2).


Article Metrics

Abstract view : 70 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.