Edukasi Makanan Gizi Seimbang Melalui Media Ajar Kreatif pada Anak Usia Sekolah TK. Aisyiah Bustanul Athfal VI Makassar

Nurussyariah Hammado(1*), Yade K. Yasin(2), Nurul Ichsania(3), Nur Alam(4), Nurul Fajriah Istiqomah(5),

(1) Jurusan Gizi Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Gizi Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Gizi Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan Universitas Negeri Makassar
(4) Jurusan Administrasi Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan Universitas Negeri Makassar
(5) Jurusan Administrasi Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak Pola makan yang sehat dan seimbang sudah sepatutnya diperkenalkan sejak usia dini. Manfaat pengenalan konsep gizi seimbang pada anak usia dini dinilai sangat efektif. Salah satu tingkatan usia yang rentan terserang status gizi buruk adalah usia anak pra sekolah dan usia anak sekolah. Jajanan yang menjamur di sekitar wilayah sekolah kebanyakan adalah jajanan yang sarat akan bahan tambahan pangan yang jumlahnya tidak terkontrol. Sasaran mitra pengabdian dipilih TK. Aisyiah Bustanul Athfal VI Makassar dengan pertimbangan bahwa selama ini, pihak mitra telah melakukan sosialisasi mengenai jenis dan kelompok makanan yang sehat. Akan tetapi pihak mitra belum sampai menyentuh ranah edukasi pada bagaimana memilih hingga menyusun menu berdasarkan komposisi yang tepat dan seimbang. Padahal salah satu keuntungan jika kesadaran akan pola konsumsi dan menu gizi sehat seimbang telah dipahami dengan baik pada tingkat anak usia pra sekolah dan usia sekolah. Beberapa item kegiatan yang dilakukan selama pengabdian yaitu ice breaking, pemaparan materi, praktek, FGD, dan evaluasi. Peserta kegiatan yang terlibat dalam kegiatan pengabdian sebanyak 41 orang anak, 6 orang guru, dan 1 orang kepala sekolah. Edukasi dilakukan dengan menggunakan media Piramida Makanan.

Kata kunci: pendidikan anak usia dini, edukasi gizi, gizi seimbang


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

KEMENKES RI, 2017. PEDUM GENTAS. Jakarta.

TNP2K, 2017. 100 Kabupaten/ Kota Priortas untuk Intervensi Anak Kerdil (Stunting). Sekertariat Wakil Presiden RI; Jakarta.

KEPMENKES RI 1995, diunduh tanggal 10 Februari 2022.

Nugroho, M.R., Sasongko, R. N., Kristiawan, M. 2021. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kejadian Stunting pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi. 5 (2): 2269 – 2276.

PMK RI No. 41, 2014, diunduh tanggal 10 Februari 2022.

Purwaningsih, S., Arni, F, HR., Susianawati, D. E. 2022. Edukasi Gizi Anak di Wilayah Kerja Puskesmas Sangurara Kota Palu. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia. 3 (1).

Romadona, N. F., dan Rudiyanto. 2022. Pembelajaran Kesehatan dan Gizi bagi Guru Taman Kanak-Kanak: Sebuah Penelitian Gabungan. Jurnal Obsesi. 6 (6): 6417 – 6428.


Article Metrics

Abstract view : 28 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.