PKM Peserta Didik SMAN 11 Kabupaten Pangkep (Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah) Diana Eka

Diana Eka Pratiwi(1*), Hasri Hasri(2), Nita Magfirah Ilyas(3),

(1) Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Mitra Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah peserta didik SMAN 11 Kabupaten Pangkep. Masalah yang dihadapi oleh mitra adalah: Permasalahan yang dialami oleh mitra yaitu : 1) peserta didik kurang termotivasi menulis karya ilmiah, 2) pemahaman dalam menulis karya ilmiah masih rendah, 3) tulisan karya ilmiah peserta didik yang masih belum berkualitas, 4) peserta didik menganggap karya tulis ilmiah tidak terlalu penting karena tidak ada kewajiban untuk menulis karya ilmiah selama bersekolah, dan 5) minat baca peserta didik yang rendah. Target yang ingin dicapai melalui kegiatan PKM ini adalah peserta didik SMAN 11 Pangkep dapat mengetahui bagaimana menyusun karuya tulis ilmiah yang baik. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah: sosialisasi program, rencana tindakan, penyampaian materi, demonstrasi, pendampingan, diskusi, dan tanya jawab. Hasil yang dicapai dalam kegiatan ini adalah : (1) para peserta pelatihan benar-benar mengikuti penyampaian materi oleh penyaji. Peserta aktif dalam sesi diskusi selama kegiatan penyampaian materi sehingga diskusi berlangsung dengan baik, (2) sebanyak 22 orang peserta yang hadir selama kegiatan berlangsung. Para peserta adalah peserta didik SMAN 11 Pangkep, dan (3) lebih dari 75 % peserta telah mampu menyusun karya tulis ilmiah yang baik.
Kata kunci: karya tulis, ilmiah, publikasi

Full Text:

PDF

References


Aisyah, E. N., & Mahanani, P. (2017). Pelatihan Menulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru Sekolah Dasar Dan Taman Kanak-Kanak Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 20–34.

Brotowidjoyo, M. D. (2002). Penulisan karangan ilmiah. Akademika Pressindo. Dwijayanti, R., Marlena, N., & Patrikha, F. D. (2017). Pelatihan Penulisan Karya Tulis (KTI) Bagi Guru-guru SMK di Kabupaten Jombang. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(2), 249–266.

Ismail, I., Hasan, H., & Musdalifah, M. (2018). Pengembangan Kompetensi Mahasiswa Melalui Efektivitas Program Magang Kependidikan. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 2(1), 124–132.

Jumono, S., Handayani, S., Abdurrahman, A., & Mala, C. M. F. (2021). Pelatihan PenyusunanArtikel Publikasi Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Di Jakarta. Seminar Nasional & Call Of Papers Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(01).

Kusumawardhani, R., & Prastikawati, E. F. (2012). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Guru Bahasa Inggris SMA di Kota Semarang (Sebagai Pencapaian KEPMENPAN Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru Dan Angka Kreditnya). E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 39–45.

Rahmiati, R. (2014). Analisis Kendala Internal Mahasiswa dalam Menulis Karya Ilmiah. Al Daulah: Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan, 4(2), 327–343. Rusnaf, R. (2014). Pentingnya Budaya Menulis Bagi Mahasiswa. In Makalah. Watampone.

Sahla, W. A., Mukhlisah, N., Julkawait, J., & Irwansyah, R. (2019). IbMPelatihan Teknik Penulisan Parafrase Untuk Skripsi Mahasiswa Sebagai Upaya Menghindari Plagiarisme. Jurnal Impact: Implementation and Action, 1(2), 162–168.

Saman, A., & Bakhtiar, M. I. (2018). Karya Tulis Ilmiah Bagi Mahasiswa STKIP ANDI MATAPPA Kabupaten Pangkep. Jurnal Terapan Abdimas, 3(1), 39–43.

Setiaji, A. B. (2020). Buku Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Karya Tulis Ilmiah (Pertama). Surabaya: Pustaka Aksara.

Wahyuni, E. S. (2016). Pengaruh kemampuan berpikir kritis pemahaman bacaan, dan pengaturan diri terhadap kemampuan menulis ilmiah. Ranah, 5(2), 120–132.

Widuroyekti, B. (2011). Analisis Mutu Laporan Pemantapan Kemampuan Profesional (Pkp) Ditinjau Dari Penerapan Kaidah Penulisan Karya Ilmiah Pada Jurusan Pendidikan Dasar Universitas Terbuka.


Article Metrics

Abstract view : 35 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.