PKM Sosialisasi Latihan Pliometric Dalam Mencegah Hipokenetik Pada Siswa Sdn 066 Pekkabata Polman Sulbar

Nurul Musfira A(1*), Reza Mahyuddin(2), Muslim Muslim(3),

(1) Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak Plyometric adalah suatu metode untuk mengembangkan explosive power, yang merupakan komponen penting dalam pencapaian prestasi sebagian besar atlet. Dari definisi di atas dapat dikatakan bahwa latihan plyomertic adalah bentuk latihan  explosive power dengan karakteristik menggunakan kontraksi otot yang sangat kuat dan cepat, yaitu otot selalu berkontraksi baik saat memanjang (eccentric) maupun saat memendek (concentric) dalam waktu cepat, sehingga selama bekerja otot tidak ada waktu relaksasi. Permasalahan yang dihadapi mitra yakni latihan plyometric ini masih kurang dalam pelaksanaan untuk meningkatkan dalam prestasi dalam olahraga khususnya siswa ekstrakurikuler.Adapun solusi yang kami tawarkan adalah sebagai gambaran materi tentang sosialisasi latihan pliometrik dalam mencegah hipokenetik yang akan di transfer ke mitra. Bahan yang dipergunakan dalam pengabdian ini adalah materi latihan plyometric.yang telah disusun semaksimal mungkin, kondisi para pemain dan sesuai dengan sasaran yang ingin dicapai dari hasil pengabdian ini. Bentuk kegiatan dalam sosialisasi ini dengan menggunakan pendekatan langsung, demontrasi, diskusi, praktek dan evaluasi terhadap serapan dari siswa dan umum dalam mengikuti latihan plyometric secara baik. Peserta cukup antusias untuk mengikuti kegiatan pengabdian sosialisasi latihan pliometric dalam mencegah hipokenetik dan juga peserta menyadari bahwa latihan pliometric sangat perlu dipahami terutama para pelatih dan siswa dalam melakukan latihan dalam meningkatkan kondisi fisik dan mencegak hipokenetik bagi siswa.

Kata kunci: Latihan Pliometric, Pencegahan Hipokenetik


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

A.Chu Donald. 1992. Jumping Into Pliometrics. California: Leisure Press Champaign, Illinois.

Bompa, Tudor O. 1990. Theory and Methodology of Training The Key to Athletic Performance. Ubuque Lowa: Kendall/Hunt Publishing Company.

Chu, D. A. & Myer, G.D. 2013. Plyometrics. Unites States Of American: Human Kinetic.

Chu Donal A. 1992. Jumping Into Plyometrics. California: Leisure Press. Champaign. Illinois.

Radellife james, C. dan Farentinos Robert C. 1985. Plyometrics Explosive Power Training. United States Of America. Human Kinetics Publishers,inc.

Radcliffe, J. C & Farentinos, R.C. 1985; Plyometrics Explosive Power Training. 2nd ed. Champaign, Illionis: Human kinetics Published, Inc.


Article Metrics

Abstract view : 23 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.