Modeling Colaboration Governance Dalam Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Makassar

Muh. Rizal S(1*), Muhammad Luthfi Siraj(2), Syarifuddin Syarifuddin(3),

(1) Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas
(2) Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas
(3) Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui model kolaborasi government dan swasta dalam pengembangan UMKM di Kota Makasssar, dan untuk mengetahui mengapa pengembangan UMKM di Kota Makassar tidak terimplementasi secara efektif.Penelitian ini berjenis kualitatif dengan pendekatan deksriptif untuk menggambarkan segala fenomena bagaimana kolaborasi government dalam pengembangan UMKM di Kota Makassar. Aspek-aspek yang menjadi fokus penelitian ini Collaborative Culture, Collaborative Leadership, Collaborative Vision, Collaborative Team Process dan Collaborative Structure. Jenis sumber data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan teknik analisis data digunakan analisis deskriptif kualitatif.Hasil penelitian model kolaborasi government dan swasta dalam pengembangan UMKM dilakukan oleh Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassasr dapat dikagorikan tidak berjalan dengan baik.Hal ini ditandai untuk dari setiap kompenen pada aspek yang dijadikan pengukuran dalam penelitian ini, mulai dari aspek hubungan kemitraan dan manfaat yang diperoleh pelaku usaha. Dinas Koperasi dan UKM dinilai kemitraan yang terjalin bersama para instansi pemerintah lain dan industry tidak saling membangun komunikasi untuk bersama-sama merencanakan suatu program efektif untuk pengembangan skala usaha di Makassasr.Faktor penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan kemitraan oleh pemerintah di Makassar dalam mengembangkan UMKM yang dimana terdapat masalah yang menghambat dan juga dapat menjadi pendukung dalam pemberdayaan usaha kecil yaitu faktor bahan baku, faktor permodalan, faktor produksi, faktor pemasaran dan lokasi penjualan.

Kata Kunci:Model, Kolaborasi, Governance, UMKM



Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Akib, Haedar. 2011. Efektivitas Implementasi dan Dampak Kebijakan dalam Konteks Desentralisasi Pemerintahan.Jurnal Administrari Publik Vol 2 (1).Hal 3-4.

Adawiyah, Wiwiek Rabiatul. (2013). Faktor Penghambat Pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM): Studi di Kabupaten Banyumas. Journal & Proceeding. (Online), Jurnal Vol 1, No. 1

Anggraeni, Feni Dwi, Imam Hardjanto, Ainul Hayat. 2020. Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Melalui Fasilitasi Pihak Eksternal Dan Potensi Internal di Kecamatan Blimbing, Kota Malang. Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol. 1, No. 6, Hal. 1286-1295.

Ansell, Chris dan Altson Gash.2007. Collaorative Governance in Theory and Practice.Journal of Publikc Administration Research and Theory. Vol 18 No. 4, hal. 54-571.

Creswell, J. W., 2003. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches.London: Sage Publications, Inc.

Djumara, Noorsyamsa. 2008. Negosiasi, Kolaborasi dan Jejaring Kerja. Jakarta:Lembaga Administrasi Negara-RI.

Inggarwati, K., Kaudin, A. 2010. Peranan Faktor-Faktor Individual dalamMengembangkan Usaha, Studi Kuantitatif pada Wirausaha Kecil diSalatiga. Integritas, Jurnal Manajemen Bisnis. Vol.3. No.2 (185-202).

Islamy, La Ode. 2018. Collaborative Governnace, Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Deepublish Publiser

Kadji, Y. 2015. Formulasi dan Implementasi Kebijakan Publik Kepemimpinan dan Perilaku Birokrasi dalam Fakta Realitas.UNG Press Gorontalo.

Nugroho D., R., 2004.Kebijakan Publik: Formulasi, Implementasi, dan Evaluasi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kraft and Furlong, 2004.

Miles, M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. 2014. Qualitative Data Analysis, A. Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan.Tjetjep.

Mokhamad, Taufik dan Hartono. 2011. Model Pengembangan Usaha Kecil Menengah Berbasis Potensi EKonomi Masyarakat. Jurnal ISSN No. 20881 WIGA .Vol.1 No.1, Hal. 1-12

Parsons, Wayne, 2005. Public Policy: An Introduction to the Theory and Practice of Policy Analysis. Cambridge: Edward Elgar Publishing, Inc.

Rizal, Muh, dkk. 2021. Investment Patterns of Small and Medium Micro Enterprises (MSMEs) in Sinjai District. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 603 Proceedings of the International Joined Conference on Social Science.

Smith, Kevin B., and Christopher W. Larimer, 2009.The Public Policy Theory Primer. Philadelphia: Westview Press.

Thoha, M., 2008.Ilmu Administrasi Publik Kontemporer. Jakarta: Kencana.

Wilson, Charter A., 2006. Public Policy: Continuity and Change. New York: McGraw-


Article Metrics

Abstract view : 57 times | PDF view : 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.