Pelatihan Media Presentasi Canva Bagi Guru-Guru Di SMA Negeri 2 Selayar

Merrisa Monoarfa(1*), Wizerti Ariastuti Saleh(2),

(1) Jurusan Teknologi Pendidikan
(2) Jurusan Pendidikan Khusus Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak – Menyediakan sebuah bahan pembelajaran yang menarik, kreatif dan sesuai dengan perkembangan zaman merupakan suatu keharusan dalam pembelajaran. Oleh karenanya guru diharapkan memiliki kompetensi dalam memfasilitasi peserta didik yang sesuai standar dan tuntutan zaman. Kompetensi guru dalam mengembangkan media presentasi yang lengkap, menarik, kreatif dan mutakhir dapat dipenuhi salah satunya jika media presentasi ini dikembangkan dengan menggunakan Canva. Aplikasi Canva adalah aplikasi desain grafis yang digunakan untuk membuat grafis media sosial, presentasi, poster, dokumen dan konten visual lainnya. Aplikasi ini juga menyediakan beragam contoh desain untuk digunakan. Canva terdiri dari dua jenis layanan, yakni gratis dan berbayar.Pelaksanaan kegiatan PKM ini berfokus kepada pelatihan Canva, yang dilaksanakan satuhari full dengan metode ceramah, demonstrasi dan tanya jawab. Pelaksanaan PKM di pusatkan di SMA Negeri 2 Negeri Kabupaten Selayar. Peserta kegiatan sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini karena peserta mendapatkan tambahan pengetahuan yang berkaitan dengan pengembangan media presentasi pada proses pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Canva.
Kata Kunci: Aplikasi Canva, media presentasi,kreatifitas guru

Full Text:

PDF

References


Sulaiman, a. (2010). Implikasi Dalam Proses Pendidikan. JURNAL INKLUSI, 30-33.

Darmadi, H. (2015). Tugas, peran, kompetensi, dan tanggung jawab menjadi guru profesional. Jurnal Edukasi, 13(2), 161–174.

Anwar, M. 2018. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.

Hofmann, R. (2019). Dialogue, teachers and professional development. In The Routledge International Handbook of Research on Dialogic Education (p. 4). Routledge. https://doi.org/https://doi.org/10.4324/9780429441677

Svendsen, B. (2020). Inquiries Into Teacher Professional Development--What Matters? Education, 140(3).

Murkatik, K., Harapan, E., & Wardiah, D. (2020). The Influence of Professional and Pedagogic Competence on Teacher’s Performance. Journal of Social Work and Science Education,1(1). https://doi.org/10.52690/jswse.v1i1.10Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2),103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113


Article Metrics

Abstract view : 27 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.