Pelatihan Penggunaan Trainer Mikrokontroler Untuk Pembelajaran Praktik Di SMK Negeri 2 Gowa

Riana T. Mangesa(1*), Elfira Makmur(2), Wahyudi Wahyudi(3),

(1) Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak – Kompetensi Keahlian yang harus dimiliki oleh lulusan SMK diantaranya produktif, kreatif, inovatif, afektif serta terampil berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat agar menjadi tenaga kerja yang berkualitas. Keterampilan tersebut dapat diperoleh dari pembelajaran yang ada di SMK. Proses pembelajaran mencakup dua jenis pembelajaran yaitu pembelajaran teori dan pembelajaran praktik. Kegiatan praktikum dalam pembelajaran dapat mengembangkan keterampilan ilmiah praktis dan teknik, praktikum mempunyai beberapa tujuan diantaranya untuk keterampilan kognitif dapat melatih agar teori dapat dimengerti, agar segi-segi teori yang berlainan dapat diintegrasikan dan teori dapat diterapkan kepada problem yang nyata. Pelatihan Penggunaan Trainer Mikrokontroler ini bertujuan untuk mempersiapkan siswa SMK Negeri 2 Gowa dengan keterampilan teknis yang relevan dan mendorong penggunaan teknologi mikrokontroler dalam pembelajaran praktik. Dengan demikian, diharapkan siswa dapat lebih siap menghadapi dunia kerja atau melanjutkan pendidikan mereka dalam bidang terkait.
Kata kunci: Penggunaan Mikrokontroler, Trainer Arduino, Pembelajaran Praktik.

Full Text:

PDF

References


A. Efendi, “Pengembangan Media ‘ AGUS TRAINER’ untuk PembelajaranRobotika,” J. Ilm. Edutic , pp. 32 – 38,2018

C A. Kusuma, “Pengembangan Media Pembelajaran Kendali RobotMenggunakan Komunikasi Wirelessuntuk Kompetensi PemrogramanMikrokon troller,” J. Progr. Stud.Pendidik. Tek. Mekatronika , pp. 442 – 449,2017.

C.A. Pribadi, Media dan Teknologidalam Pembelajaran . Jakarta: kencana,2017.

I. Falahudin, “Pemanfaatan Media dalamPembelajaran,”Widyaiswara Netw. J., pp. 104 117, 2014.

Instructional Design ADDIE Approach London: SpringerScience, 2009.

M. Tegeh, “Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model,” Pendidikan Ganesha . pp. 12 – 26, 2010.

Mardapi, Pengukuran Penilaian dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta, Nuha Medika, 2012

P. Sudira, “Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan dan Pelatihan Vokasi Menyongsong Skill Masa Depan.” Universitas Negeri Yogyakarta, pp. 1 – 24,2011.[6] R. M. Branch,

Permenristekdikti,Standar Sarana dan Prasarana Pembelajaran Jakarta:Kopertis III, 2015.

R. R. Hake, “Analyzing change/gainscore,” 1999. .

T. Nurseto, “Membuat MediaPembelajaran yang Menarik,” J. Ekon.Pendidik, pp. 19– 35.


Article Metrics

Abstract view : 28 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.