PKM Pembelajaran IPA Fisika Berbasis Lingkungan Berbantuan LKPD Bagi Guru MGMP IPA Se- Wilayah III Kabupaten Polman

Muhammad Arsyad(1*), Helmi Helmi(2), Agus Susanto(3),

(1) Jurusan Fisika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Fisika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Fisika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Model belajar hybrid Model diperkenalkan sebagai solutif dari persoalan bagaimana menyampaikan materi pada peserta didik dengan mengantisipasi Covid-19. Kekayaan alam yang tersebar di sekitar lingkungan peserta didik belajar ini sangat erat kaitannya dengan pembelajaran fisika, terutama materi tentang pengukuran, zat dan energi, fluida statika dan dinamika, proses perubahan energi, dan lainnya. Begitu juga pembelajaran Ilmu Kebumian, seperti ekosistem dan beberapa aspek lingkungan lainnya . Permasalahan yang dihadapi oleh mitra adalah: 1) Bagaimana merancang pembelajaran IPA Fisika Berbasis lingkungan; 2) Bagaimana menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada pembelajaran IPA Fisika berbasis lingkungan; 3) Bagaimana Tanggapan Guru IPA Fisika dalam pelaksanaan Kegiatan PKM. Hasil dari kegiatan ini yaitu 1) Pembelajaran IPA Fisika berbasis lingkungan dilakukan dengan Metode pengamatan langsung di lingkungan sekolah; 2) Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada pembelajaran IPA Fisika berbasis Lingkungan dengan memberikan pertanyaan mendasar yang diperoleh dari proses pengamatan langsung di lapangan dimulai dengan pengamatan, menanya, mencoba, menalar dan mengomunikasikan sesuai dengan pendekatan saintifik dalam Kurikulum 2013; 3) Hasil angket untuk memperoleh tanggapan Guru-Guru yang mengikuti kegiatan PKM ini berada ³80% untuk semua indikator, kecuali indikator melakukan evaluasi pada pelaksanaan kegiatan sekitar 79%.

 

Kata Kunci: Batuan Karst, Leang-Leang, Polman, Covid-19


Full Text:

PDF

References


V. REFERENSI

Arsyad, M., Helmi, dan Khaeruddin., 2019., PKM bagi Guru IPA Fisika se Kabupaten Maros., Prosiding Seminar Nasional Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat., Vol. 2019 (2)., UNM Makassar.

Hamalik., O., 2009., Sistem Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan., Bumi Aksara: Jakarta

Kaharuddin, Muhammad Arsyad, dan Helmi, 2018., Penguatan MGMP dalam membuat Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS)., Prosiding Seminar Nasional Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat., p: 448-450., UNM Makassar

Semiawan, C, et al., 1985., Pendekatan Keterampilan Proses., Jakarta : Gramedia.


Article Metrics

Abstract view : 15 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.