Peningkatan Kualitas Guru Tunanetra Dalam Optimalisasi Pendidikan Berbasis Steam (Science, Technology, Engineering, Art, And Mathematics)

Tri Lestari AS(1*), Muh. Hendri(2), Sri Fujiandi(3), Meryanti Azis(4), Said Fachry Assagaf(5),

(1) Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(4) Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(5) Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak – Program kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas guru tunanetra dalam optimalisasi pendidikan berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) di SLB Yukartuni Makassar. Adapun teknik pemberdayaan yang dilakukan meliputi persiapan, sosialisasi, pelatihan, praktik, implementasi, dan evaluasi. Persiapan dilakukan dengan mengonfirmasi kembali kesiapan mitra untuk terlibat dalam pelaksanaan program sebelum ke tahap pelatihan. Tahap pelatihan dilaksanakan dengan pemberian materi dengan tema empowersteam. Selanjutnya, tahapan pendampingan, praktik, dan implementasi adalah kegiatan yang dimana mitra SLB Yukartuni mendapatkan pendampingan oleh tim dalam menyusun modul ajar dan menyediakan media pembelajaran, serta guru tunanetra di SLB Yukartuni dapat mengaplikasikan perangkat ajar berbasis STEAM kepada siswa. Terakhir, tahapan evaluasi bertujuan untuk melihat efektivitas penggunaan perangkat ajar berbasis STEAM. Adapun hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah tingkat persentase pelaksanaan program mencapai 95%, sesuai dengan rancangan yang telah tim susun bersinergi dengan guru SLB Yukartuni.
Kata kunci: Guru, tunanetra, STEAM, modul ajar.

Full Text:

PDF

References


Kurniawati, F. N. A., 2022. Meninjau permasalahan rendahnya kualitas pendidikan di indonesia dan solusi. AoEJ:Academy of Education Journal. 13(1):1-13.

Madani, R. A., 2019. Analysis of Educational Quality, a Goal of Education for All Policy. Higher Education Studies, 9(1):100-109.

Pemerintah Kota Makassar. 2013. Peraturan Daerah Kota Makassar Nomor 6 tahun 2013 tentang pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas. Sekretariat Daerah. Makassar.

Primayana, K. H., 2019. Perencanaan Pembelajaran pendidikan Anak Usia Dini Dalam Menghadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya , 1:321-428.

Rahman, A., 2022. Analisis pentingnya perkembangan kompetensi guru. Pendidikan Tambusai. 6(1) :8455-8466.

Zulfitri, H., Setiawati, N. P. dan Ismaini, 2019. Pendidikan Profesi Guru (PPG) sebagai upaya meningkatkan profesionalisme guru. LINGUA, Jurnal Bahasa & Sastra. 19(2):130-136.


Article Metrics

Abstract view : 32 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.