Penerapan Teknik Aqua Print Sebagai Bekal Keterampilan Seni Bagi Guru Kelas Di SDN Pao-Pao Kab Gowa

Satriadi Satriadi(1*), Muh. Saleh Husain(2), Irfan Irfan(3),

(1) Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar
(2) Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar
(3) Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak . Guru kelas di sekolah mitra mengalami beberapa hambatan dalam proses mengajar. Seperti yang kita ketahui, guru kelas memiliki tanggung jawab terhadap pembelajaran di tingkat dasar. Umumnya, mereka mengajarkan berbagai pengetahuan umum di kelas yang menjadi wilayah tanggung jawab mereka, kecuali untuk beberapa mata pelajaran khusus seperti olahraga, pendidikan agama, dan seni budaya. Salah satu tantangan yang sering dihadapi oleh guru kelas adalah ketika mereka harus mengambil alih kelas jika guru mata pelajaran tersebut tidak hadir. Contohnya, jika guru seni budaya tidak hadir, kelas guru diharuskan mengisi waktu tersebut dengan memberikan materi seni, meskipun tidak semua dari mereka memiliki keterampilan untuk mengajar seni. Hal ini sering mengakibatkan guru kelas memberikan tugas yang sederhana, seperti menyanyi atau menggambar, sebagai pengganti materi seni yang lebih mendalam. Tentu saja, tidak semua guru kelas memiliki keahlian atau kompetensi dalam mengajar seni di kelas, sehingga diperlukan kreativitas tambahan dari pihak guru. Dalam konteks ini, metode pelaksanaan kegiatan workshop meliputi beberapa langkah, yaitu pertama-tama, menyampaikan materi ceramah tentang batik Formika dengan teknik aqua print dan penjelasan tentang berbagai teknik pembuatan Aqua print. Selanjutnya, pembekuan atau praktek langsung pembuatan batik formika dilakukan di depan peserta workshop. Langkah ketiga melibatkan sesi diskusi dan tanya jawab untuk membahas hal-hal teknis terkait pembuatan batik formika. Dengan diadakannya workshop ini, diharapkan terjadi perkembangan pada mitra, yang melibatkan pelatihan kreativitas guru SD Negeri Pao-pao Kab. Gowa dalam membuat string masker hijab, menumbuhkan rasa percaya diri pada guru-guru tersebut, serta meningkatkan pemahaman dan keterampilan mereka agar dapat menjadi guru produktif di lingkungan sekolah dasar. Fokusnya adalah mengembangkan kemampuan membuat batik formika dengan teknik Aqua Print.

 

Kata kunci : Workshop, Keterampilan Seni; Cetak Aqua.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Adri, Muhammad. 2007. Strategi Pengembangan Multimedia Instructional Design. Komunitas eLearning IlmuKomputer.Com, Jurnal Invotek. Vol. VIII. No. 1

Arsyad, Azhar. 2009. Resume Media Pembelajaran, Kumpulan Makalah. (Online). (http://hadirukiyah2.blogspot.com/2009/09/resume-media-pembelajaran-karya-prof-dr.html. diakses 20 April 2011)

Hidayat, Dadang. 2010. Peran Penelitian Research & Development Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan.

Idrus, Husni. 2008. Pengembangan multimedia pembelajaran Berbantuan komputer, volume 5 januari – juni 2008

Ismaniati, Christina. 2010. Percepatan pemanfaatan sumber-sumber belajar dan media pembelajaran berbasis komputer (PBK) beserta pengelolaannya di sekolah dasar. Lembaga Pengabdian pada Masyarakat

Kusrianto, Adi. 2007. Pengantar Desain Komunikasi visual. Yogyakarta: Andi Offset. Hal. 100.

Kusrianto, Adi. 2007. Pengantar Desain Komunikasi visual. Yogyakarta: Andi Offset.

Munir. 2008. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Mustikasari, Ardiani. Mengenal Media Pembelajaran. (Online), (http://edu-articles.com/mengenal-media-pembelajaran/ diakses 30 Maret 2011)

Prawiradilaga, Dewi Salma. 2008. Prinsip Disain Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Riduwan. 2007. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru – Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Rustan, S.Sn., Surianto. 2009. Layout, Dasar & Penerapannya. Jakarta: PT. Gramedia Pustkak Utama.

Supriatna, Dadang., & Mulyadi. 2009. Konsep Dasar Desain Pembelajaran. Bahan ajar untuk Diklat E-Training PPPPTK TK dan PLB. PPPPTK TK dan PLB,

Sadiman, Arief S., Rahardjo, R., Haryono, Anung., & Rahardjito. 2009. Media Pendidikan. Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers

Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Usman, M. 1995. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Islam, K., 2016. Seni Kaligrafi Islam Dan Seni Ebru (Marbling). [Online] Available at: https://kaligrafi--islam.blogspot.com/2016/08/seni-kaligrafidan-seni-ebru-marbling.html [Accessed 19 Maret 2022].


Article Metrics

Abstract view : 30 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.