PKM Pelatihan Penyusunan Tujuan Pembelajaran Pada Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Yayasan Kemala Bhayangkari Makassar

Subari Yanto(1*), Nur Rahmah(2), Dewi Puspitasari(3),

(1) Jurusan Pendidikan Teknologi Pertanian, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Pendidikan Teknologi Pertanian, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Pendidikan Teknologi Pertanian, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Proses pembelajaran merupakan upaya untuk memberi pengalaman menarik bagi peserta didik dalam menuntut ilmu. Strategi dalam pengajaran sangat dibutuhkan dalam memberi pemahaman kepada peserta didik sehingga dibutuhkan arahan yang dapat digunakan oleh seorang guru sebagai penentu bagi kesuksesan dalam dunia pendidikan. Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) bertujuan untuk (1) memberikan pelatihan dan pendampingan dalam penyusunan tujuan pembelajaran berdasarkan kurikulum merdeka untuk meningkatkan kemampuan techno-pedagogical guru SD dan SMP Bhayangkari dan (2) meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola metode pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum merdeka. Metode pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan 3 cara yaitu workshop, demonstrasi dan pendampingan. Peserta kegiatan PKM berjumlah 40 orang guru yang terdiri dari guru Sekolah Dasar dan guru Sekolah menengah pertama. Materi yang disampaikan pada pelatihan ini ada dua yaitu : (1). Refleksi kurikulum dan (2). merancang pembelajaran pada kurikulum merdeka. materi merancang pembelajaran kurikulum membahas tentang Tujuan pembelajaran (TP), Alur tujuan Pembelajaran (ATP), dan Pengorganisasian pembelajaran. Pelaksanaan pengabdian ini menggunakan tiga tahapan kegiatan yakni persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil dari pelatihan ini para guru mampu merancang pembelajaran dari Memahami Capaian pembelajaran, Membuat Tujuan Pembelajaran dan Membuat Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).
Kata Kunci. Penyusunan, implementasi, kurikulum merdeka

Full Text:

PDF

References


Anggraena, Yogi, Dion Ginanto, Nisa Felicia, Ardanti Andiarti, Indriyati Herutami, dan Leli Alhapip. 2022. “Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah.”

Arifin, Muhammad, Uun Ahmad Aaehu, Enny Rahayu, Ismail Saleh Nasution, Jamila Jamila, Sri Wahyuni, dan Riyan Taufika. 2020. Modul Kurikulum dan Pembelelajaran. Medan: Umsu Press.

Kemdikbud, Kemdikbud. 2022. “Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 262/M/2022 Tentang Perubahan Atas Keputusan Menteri Pendidikan,Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.”


Article Metrics

Abstract view : 28 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.