Pelatihan Menulis Kreatif Esai Untuk Promosi Destinasi Objek Wisata di Sulawesi Selatan

Sakaria Sakaria(1*), Asia M(2),

(1) Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Mitra kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) adalah Komunitas Promosi Wisata Makassar. Berdasarkan kajian analisis situasi dinyatakan bahwa mitra memiliki permasalahan pada: terbatasnya pengetahuan mitra dalam menuangkan dan mengorganisasikan ide, gagasan dan pengalaman (relevansi topik dan isi) dalam bentuk tulisan esai promosi wisata, dan terbatasnya pengetahuan mitra dalam mengorganisasikan gaya tulisan promosi witasa sehingga tulisan yang Yang dihasilkan tidak menarik untuk dibaca. Solusi permasalahan yang ditawarkan untuk menyelesaikan masalah mitra yaitu, memberikan pelatihan menulis esai kreatif untuk mempromosikan destinasi objek wisata. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dilaksanakan dengan menggunakan metode kolaboratif intensif dengan melakukan Focus Group Discussion (FGD). Pelaksanaan kegiatan mengikuti tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil kegiatan pelatihan menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan keterampilan menulis esai dari sebelum dan sesudah dilaksanakannya pelatihan menulis esai kreatif untuk promosi destinasi objek wisata di Sulawesi Selatan.

 

Kata Kunci : pelatihan, menulis, esai

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Akhmad, N. (2020). Ensiklopedia keragaman budaya. Jakarta: Alprin.

Hidayati, R.P.P. (2011). Menulis Esai dan Pembelajaranya. Bandung: Prisma.

O’Shea, R.P. 2000. Writing for Psychology. Sydney: Harcourt.

Rahardi, Kunjana. (2006). Pragmatik: Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Rijal, S. (2022). Buku-Kebijakan Pengembangan Wisata Bahari Berbasis Blue Economy Di Provinsi Sulawesi Selatan. Surabaya: CV. Global Aksara Pers

Surahman, S. (2016). Determinisme Teknologi Komunikasi dean Globalisasi Media Terhadap Seni Budaya Indonesia. Rekam: Jurnal Fotografi, Televisi, Animasi, 12(1), 31-42.

Sutardi, T. (2007). Antropologi: Mengungkap keragaman budaya.Bandung: PT Grafindo Media Pratama.


Article Metrics

Abstract view : 19 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.