PKM Teknik Pengembangan Jaringan Topik Model Mind Mapping bagi Guru-guru di SDN No.5 Padangtangalau Kabupaten Pangkep

Andi Makkasau(1*), Ismail Toll(2), Amir Pada(3), Erma Suryani Sahabuddin(4),

(1) Prodi Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(3) Prodi Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(4) Prodi Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak Kemampuan Guru merancang  dan menyajikan materi membutuhkan perlakuan spesifik agar kemampuan memahami materi secara profesional  bisa dicapai. Sala satu upaya yang perlu dilakukan adalah melatih guru-guru menyusun kerangka  materi melalui pengembangan jaring topik model Mind Mapping. pengembangan jaringan topik atau konsep memiliki manfaat yang sangat besar, karena dapat meningkatkan penguasaan materi pelajaran secara mendetail. Keunggulan pengembangan jaring topik  dapat melatih guru guru menyusun kerangka materi pelajaran secara runtut dan logis. Sehingga secara hidden curriculum  kemampuan  menguasai dan mamahami materi  tercapai secara maksimal. Jaringan topik  yang terpetakan dapat memudahkan  guru menguraikan materi pembelajaran secara terperinci dan mendalam sehingga terjadi pelibatan sosio emosional yang dapat menimbulkan efek  terciptanya pembelajaran bermakna ( mearningfull). Pelaksanaan kegiatan PKM ini berfokus kepada pelatihan pembuatan jaringan topik dalam bentuk Mind Mapping, yang terbagi atas tiga kelompok pada jenjang kelas rendah. Pelaksanaan PKM  di pusatkan di SDN No.5 Padangtangalau kelurahan Balleangin kecamatan Balocci  Kabupaten Pangkep. Peserta kegiatan sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini karena peserta mendapatkan tambahan pengetahuan dan keterampilan membuat jaringan Topik melalui model Mind Mapping.

Kata kunci: Teknik,  Jaringan Topik, Model Mind Mapping.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Amir Pada. 2021. PKM. Pembimbingan Teknik Pengembangan Jaringan Topik Bagi Mahasiswa PGSD FIP UNM.

Berbasis Hots (Higher Order Thinking Skill) Di Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar . P-ISSN 2086-7433 E-ISSN 2549-5801 DOI: doi.org/10.21009/JPD.091.01

Magsino, R. M. 2014. Enhancing Higher Order Thinking Skills in a Marine Biology Class through Problem BAsed Learning. Asia Pacific Journal of Multidisciplinary Research , 1-6.n

Trianto. 2011. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta. Presasi Pustaka

Tutik Triwlan Titik. 2011. Pembelajaran Tematik terpadu di Sekoah Dasar. Jakarta. Presasi Pustaka


Article Metrics

Abstract view : 18 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.