PKM Teknik Pengembangan Jaringan Topik Model Mind Mapping bagi Guru-guru di SDN No.5 Padangtangalau Kabupaten Pangkep
(1) Prodi Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(3) Prodi Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(4) Prodi Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak – Kemampuan Guru merancang dan menyajikan materi membutuhkan perlakuan spesifik agar kemampuan memahami materi secara profesional bisa dicapai. Sala satu upaya yang perlu dilakukan adalah melatih guru-guru menyusun kerangka materi melalui pengembangan jaring topik model Mind Mapping. pengembangan jaringan topik atau konsep memiliki manfaat yang sangat besar, karena dapat meningkatkan penguasaan materi pelajaran secara mendetail. Keunggulan pengembangan jaring topik dapat melatih guru guru menyusun kerangka materi pelajaran secara runtut dan logis. Sehingga secara hidden curriculum kemampuan menguasai dan mamahami materi tercapai secara maksimal. Jaringan topik yang terpetakan dapat memudahkan guru menguraikan materi pembelajaran secara terperinci dan mendalam sehingga terjadi pelibatan sosio emosional yang dapat menimbulkan efek terciptanya pembelajaran bermakna ( mearningfull). Pelaksanaan kegiatan PKM ini berfokus kepada pelatihan pembuatan jaringan topik dalam bentuk Mind Mapping, yang terbagi atas tiga kelompok pada jenjang kelas rendah. Pelaksanaan PKM di pusatkan di SDN No.5 Padangtangalau kelurahan Balleangin kecamatan Balocci Kabupaten Pangkep. Peserta kegiatan sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini karena peserta mendapatkan tambahan pengetahuan dan keterampilan membuat jaringan Topik melalui model Mind Mapping.
Kata kunci: Teknik, Jaringan Topik, Model Mind Mapping.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Amir Pada. 2021. PKM. Pembimbingan Teknik Pengembangan Jaringan Topik Bagi Mahasiswa PGSD FIP UNM.
Berbasis Hots (Higher Order Thinking Skill) Di Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar . P-ISSN 2086-7433 E-ISSN 2549-5801 DOI: doi.org/10.21009/JPD.091.01
Magsino, R. M. 2014. Enhancing Higher Order Thinking Skills in a Marine Biology Class through Problem BAsed Learning. Asia Pacific Journal of Multidisciplinary Research , 1-6.n
Trianto. 2011. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta. Presasi Pustaka
Tutik Triwlan Titik. 2011. Pembelajaran Tematik terpadu di Sekoah Dasar. Jakarta. Presasi Pustaka
Article Metrics
Abstract view : 18 times | PDF view : 1 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.