Penyusunan KOSP Kurikulum Merdeka di Satuan Pendidikan Nonformal di Dinas Pendidikan Kabupaten Majene

Kartini Marzuki(1*), Ansar Ansar(2), Muhammad Asri(3), Fatmawati Gaffar(4),

(1) Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
(3) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
(4) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak, dalam kurikulum 13 atau K-13 juga dikenal dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) maka di Kurikulum Merdeka lebih familiar dengan sebutan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) yang secara periodik dikembangkan oleh satuan pendidikan. Kepala Satuan Pendidikan memimpin dan melibatkan berbagai pemangku kepentingan dalam menyusun dan mengembangkan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) yang kontekstual dan memenuhi kebutuhan belajar peserta didik. program pendidikan kesetaraan yang dibina di Satuan Pendidikan Nonformal SKB Polewali Mamasa menyelenggarakan Paket A, Paket B dan Paket C yag pada umumnya diajar oleh tutor baik dari Pamong Belajar SKB maupun dari guru-guru SD, SMP, dan SMA. fokus mereka adalah mengajar dan RPP yang mereka gunakan hanya berasal dari sekolah mereka. Para tutor belum menyusun kurikulum merdeka untuk satuan pendidikan nonformal dam bagaimana menyusun kurikulum satuan operasional satuan pendidikannya yang menjadi acuan dalam menjalankan pembelajaran dan kegiatan lainnya.

 

Kata Kunci: Kurikulum, Pendidikan Nonformal

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Baswedan Anies dan Arief Rachman. 2021. Kurikulum Merdeka: Konsep, Implementasi dan Dampaknya. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. 2021. Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Firman, Abdul Rifai dan Mahfud. 2021. The Implementation of Curirculum 2021 in Indonesia Schools: Opportunitiesand Obstacles. International Journal of Education and Research 9, no 2.

Handayani Lulu. 2021. Evaluasi Dampak Kurikulum Merdeka Dalam Peningkatan Kompetensi Siswa. Jurnal Pendidikan.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Winarni Retno. 2021. Studi Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Peningkatan Kompetensi Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan.


Article Metrics

Abstract view : 116 times | PDF view : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.