Pelatihan Pemrograman Aplikasi Kendali PID pada Heater Bagi Siswa SMAN 1 Pamboang Sulawesi Barat

Muhammad Akil(1*), Hasanah Nur(2), Yunus Tjandi(3),

(1) Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika, Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika, Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mendekatkan teknologi PID kepada siswa dan guru adalah dengan mengadakan pelatihan kepada mereka. Tujuannya adalah agar guru mampu meneruskan pengetahuan dan keterampilannya kepada siswa yang diajarkan di kelas dalam bentuk pembuatan project. Melalui kegiatan PkM ini, kami berinisiatif untuk membantu guru dan siswa SMAN 1 Pamboang kabupaten Majene dengan cara memberikan pelatihan pemrograman berbasis mikrokontroller. Upaya tersebut dilakukan sebagai bagian atau tindak lanjut dari hasil penelitian kami sebelumnya yaitu berupa alat system kendali pemanas air secara otomatis berbasis mikrokontroller. Kegiatan PKM ini dilaksanakan di SMAN 1 Pamboang Kabupaten Majene Sulawesi Barat dan berlangsung selama 2 hari di lokasi secara paralel bersamaan dengan sejumlah tim PkM lainnya. Kegiatan PkM ini dapat berjalan dengan lancar dengan antusias peserta semakin meningkat berdasarkan banyaknya pertanyaan dan tentang materi yang diberikan. Program PkM ini telah menambah pengetahuan dan keterampilan peserta dalam ujicoba pengendalian suhu dan kelembaban menggunakan kendali PID. Peserta memiliki pemahaman yang lebih baik tentang penggunaan kendali PID dalam mengatur suhu pada heater dan memiliki dasar pemrograman yang kuat.

Kata kunci: Pemrograman, Mikrokontroller, PID.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

KSNI-Indonesia, “Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2016 tentang tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan dalam Rangka Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia,” Jakarta Kementeri. Sekr. Negara, 2016.

P. Purnamawati, M. Akil, and N. Nuridayanti, “Analysis of needs for the development of trainer sensor and transducer learning media based on Internet of Things (IoT),” J. Pendidik. Vokasi, vol. 11, no. 2, pp. 232–242, 2021, doi: 10.21831/jpv.v11i3.43833.

Purnamawati, M. Akil, and Nuridayanti, “Perancangan Embedded System Pada Pembacaan dan Pengendalian Multi Sensor Berbasis Internet Of Things ( IoT ),” in Seminar Nasional LP2M UNM, 2021, vol. 19, pp. 752–764.

A. H. Ikhwanudin, M. P. Narendro, and N. Widadi, “Rancang Bangun Alat Destilasi Sederhana Untuk Memenuhi Kebutuhan Akuades Di Laboratorium Teknologi Rekayasa Pangan,” Pengabdi. Masy. Poljie Proc. Ser., vol. 4, no. 1, pp. 284–290, 2020, [Online]. Available: https://proceedings.polije.ac.id/index.php/ppm/article/view/79

W. Sehwantoro, F. Hindarti, and M. Oktivina, “Rancang Bangun dan Uji Kinerja Destilator Elektrik Sebagai Alat Destilasi pada Proses Pembuatan Bioethanol,” Sainstech J. Penelit. dan Pengkaj. Sains dan Teknol., vol. 31, no. 2, pp. 1–9, 2021.

Y. A. Saputra, R. Winarso, and R. Wibowo, “Rancang Bangun Sistem Pengontrol Suhu Otomatis Destilator Bioetanol Kapasitas 5 Liter/Jam Berbasis Arduino Uno,” in Prosiding SNATIF Ke -5 Tahun 2018, 2018, pp. 673–680.


Article Metrics

Abstract view : 16 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.