Pelatihan Supervisi Akademik Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Kepala Sekolah Dasar di Kota Makassar

Muhammad Ardiansyah(1*), Sitti Habibah(2), Sumarlin Mus(3),

(1) Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak – Pelaksanaan supervisi akademik merupakan salahsatu peran yang wajib dilaksanakan oleh kepala sekolah dalam memberikan bantuan professional guru terhadap hambatan dan permasalahan dalam pembelajaran. Dalam era implementasi kurikulum merdeka tentunya dinamika permasalahan yang dirasakan oleh guru terkait dengan penyusunan dan penerapan modul ajar dalam kegiatan instruksional. Untuk itu yang menjadi tujuan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan pengetahuan, pemahaman serta wawasan bagi para kepala sekolah dasar dan sederajat dalam melaksanakan tugas mendampingi para guru-gurunya untuk secara mandiri menemukan sendiri permasalahan sekaligus solusi pemecahan masalah yang dihadapi terkait dengan tugas akademik di sekolah. Adapun metode pelatihan adalah dengan ceramah dan simulasi. Hasil pelatihan diperoleh. Dari 35 orang peserta pelatihan (kepala SD) 80 % sudah mampu menguasai komponen yang ada dalam modul ajar dan 20 % masih perlu mendapat pendampingan secara intensif yang dilakukan oleh sesama peserta pelatihan sendiri.
Kata kunci: Pelatihan supervisi akademik, kurikulum merdeka, kepala sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Baro’ah, S. (2020). Kebijakan Merdeka Belajar Sebagai Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Tawadhu, 4(1).

Burai, Berliani, T., & Asngadi, K. (2019). IMPLEMENTASI SUPERVISI PEMBELAJARAN BERBASIS KARAKTER OLEH KEPALA SEKOLAH DI SDN 6 BUKIT TUNGGAL KOTA PALANGKA RAYA. Equity In Education Journal, 1(1). https://doi.org/10.37304/eej.v1i1.1551

Chairunisa, E. D. (2023). PENYUSUNAN MODUL ASESMEN PEMBELAJARAN SEJARAH: PEMBELAJARAN PARADIGMA BARU. Kalpataru: Jurnal Sejarah Dan Pembelajaran Sejarah, 8(2). https://doi.org/10.31851/kalpataru.v8i2.10725

Latif, M., Risnita, R., & Muspawi, M. (2016). Menjadi Pemimpin Inovatif. In Repository.Unja.Ac.Id.

Mansyur. (2021). Supervisi Akademik Abstrak. El-Idarah : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2).

Mugiasih, H. (2022). Meningkatkan Kompetensi Dan Motivasi Guru Dalam Menyusun Silabus Berbasis Karakter Melalui Supervisi Akademik. Science and Education Journal (SICEDU), 1(2). https://doi.org/10.31004/sicedu.v1i2.72RAHAYUNINGSIH, F. (2022). INTERNALISASI FILOSOFI PENDIDIKAN KI HAJAR DEWANTARA DALAM MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA. SOCIAL : Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3). https://doi.org/10.51878/social.v1i3.925

Semarang, U. N., Astuti, T., Suyahmo, S., Masrukhi, M., & Ngabiyanto, N. (2022). Pembelajaran Paradigma Baru pada Era Digital di Sekolah Multi Etnik. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 5(1).

Slameto, S. (2016). SUPERVISI PENDIDIKAN OLEH PENGAWAS SEKOLAH. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2). https://doi.org/10.24246/j.jk.2016.v3.i2.p192-206

Supit, M., A.M Rawis, J., Markus Wullur, M., & N.J. Rotty, V. (2021). Analisis Supervisi Pendidikan Untuk Pengembangan Profesionalitas Guru Berkelanjutan. LEADERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2). https://doi.org/10.35719/leaderia.v2i2.68


Article Metrics

Abstract view : 64 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.