Pelatihan Peningkatan Personal Peacefulness Bagi Guru SMP/SMA Majene Sulawesi Barat

Sahril Buchori(1*), Muhammad Anas(2), Suciani Latif(3), Akhmad Harum(4),

(1) Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
(2) Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
(3) Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
(4) Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak - Personal Peacefulness adalah kompetensi atau kapasitas kedamaian dalam diri. Personal Peacefulness melibatkan kedamaian batin dan pikiran yang menjadi dasar individu untuk berdamai dengan orang lain, kelompok sosial, negara, alam dan tuhan yang konsisten dari waktu ke waktu. ABKIN dan MGBK di Provinsi Sulawesi Barat merupakan perkumpulan para Guru Bimbingan dan Konseling dibagi atas 3 tingkatan, ada MGBK SMA SMK dan MGBK SMP. Hasil Survey di lokasi mitra PKM menunjukkan perilaku kekerasan masih menjadi hal yang biasa bahkan sering terjadi di sekolah. Anak melakukan perilaku yang tidak damai diakibatkan hasil imitasi terhadap apa yang didengar, dilihat dan dialami. Guru menjadi model bagi peserta didik yang terkadang melakukan tindakan yang tidak damai sehingga menjadi contoh bagi peserta didik untuk melakukan tindakan yang tidak damai. Pelaksanaan PkM dimulai dengan pemberian materi terkait pengembangan kapasitas kedamaian guru berupa mengembangkan pengetahuan, sikap dan keterampilan guru dalam membangun kedamaian. Peserta kegiatan mengungkapkan sangat terbantu melalui pelaksanaan kegiatan ini karena peserta dapat mengembangkan pengetahuan, sikap dan keterampilan guru dalam membangun kedamaian di sekolah. Kata Kunci: Guru BK, Personal Peacefulness

Full Text:

PDF

References


Anand, S. (2014). The Contemporary Issues and

Significance of Peace Education in India.

International Journal of Research in Humanities, Arts and Literature, 2 (10), hlm. 47 - 54.

Anderson, R. (2004). A Definition of Peace.

Peace and Conflict: Journal of Peace

Psychology, 10, 101–116.

Ardimen, & Zuwirda. (2015). Implementasi

Program Musyawarah Guru BK

(MGBK) SLTP Kabupaten Lima Puluh

Kota. Prosiding: Seminar Nasional

Bimbingan dan Konseling dan

Konsorsium Keilmuan BK di PTKI

Batusangkar (pp. 46-61). Batusangkar,

Sumatera Barat: PTKI Batusangkar.

Berkowitz, L. (1993). Aggression: Its Causes,

Consequences, and Control. New York:

McGraw-Hill Book Company.

Baron, J. (1992). The Effect of Normative Belief

on Anticipated Emotions. Journal of

Personality and Social Psychology, 63 (2),

hlm. 320-330.

Benbenishty, R., & Astor. S. (2005). School

Violence in Context. Oxford: Oxford

University Press.

Buchori, Sahril (2022) Kerangka Kerja Pedagogi

Kedamaian untuk Mengembangkan Iklim

Kelas Damai pada Jenjang Sekolah Dasar

di Makassar. Disertasi, Universitas

Pendidikan Indonesia.

Buchori, S., & Fakhri, N. (2018). Positive Peace

Culture in Pesantren (Islamic Boarding

School) in Bandung-Indonesia.

Proceeding. In 1st International

Conference on Educational Sciences -

Volume 1: ICES. Pages 517-522. DOI:

5220/0007043805170522

Department of International & Transcultural

Studies (DITS), (2006). Fundamental

Concepts of Peace Education. Columbia:

Columbia Univerity.

Dulmus, C. and K. Sowers. (Eds). (2004). Kids

and Violence: The Invisible School

Experience. New York: The Haworth

Press.

Furlong, M., & Morrison, G. (2000). The school

in school violence: Definitions and facts.

Journal of Emotional and Behavioral

Disorders, 8, 71 – 81.

Guetta, S. (2016). Education for a Culture of

Peace and Co-Existence. Firenze

University Press.

Galtung, J. (1996). Peace by Peaceful Means

Peace and Conflict, Development and

Civilization. London: Sage.

Harber, C. (2004). Schooling as Violence.

London: Routledge Falmer.

________ (2009). Forthcoming. Long Time

Coming: Children as Only Occasional

Decision-Makers in Schools. S. Cox, S.,

A. Robinson-Pant, C. Dyer, and M.

Schweisfurth (Eds). In Children as

Decision Makers in Education. London:

Continuum.

Henry, D., Guerra, N., Huesmann, R., Tolan, P.,

VanAcker., & Eron, L. (2000).

Normative Influences on Aggression in

Urban Elementary School Classroom.

American Journal of Community

Psychology, 28 (1), hlm. 59-81

Hilarski, C. (2004). Corporal Punishment:

Another form of School Violence. C.

Dulmus and K. Sowers. (eds). In Kids

and Violence: The Invisible School

Experience. New York: The Haworth

Press.

Huesmann & Guerra. (1997). Children’s

Normative Belief about Aggression and

Aggresive Behavior. Journal of

Personality and Social Psychology, 72

(2), hlm. 408-419.

Janoff-Bulman, R. (1992). Shattered

Assumptions: Towards a New

Psychology of Trauma. New York: The

Free Press.

Meyer, E. (2006). Gendered harassment in North

America: Recognising homophobia and

heterosexism among students. F. Leach

and C. Mitchell (eds.) In Combating

gender violence in and around schools.

Stoke on Trent: Trentham Books.

Pinheiro, P. (2006). World Report on Violence

Against Children. Geneva: United Nations.

Puopolo, M.R., Nelson, L.L., & Sims, G.K.

(2014). Introduction to Personal

Peacefulness: Psychological Perspectives. Gregory K. Sims, Linden L. Nelson and

Mindy R. Puopolo. (Eds). Personal

Peacefulness Psychological Perspectives.

New York: Springer.

Reardon, B. A. (1993). Women and Peace:

Feminist Visions of Global Security.

Albany: University of New York Press.

Shapiro, H. S. (2010). Educating Youth for a

World beyond Violence: A Pedagogy for

Peace. New York, NY: Palgrave

Macmillan.

Taylor, S.E., Peplau, L.A., dan Sears, D.O.

(2009). Psikologi Sosial. Edisi

Keduabelas. Alih Bahasa: Tri Wibowo,

B.S. Jakarta: Kencana Prenada Media

Group.

Tentama, Fatwa. (2012). Perilaku Anak Agresif:

Assesmen dan Intervensinya. Jurnal

Kesmas UAD, 6 (2), hlm. 162-232.

Werner & Hill. (2010). Individual and Peer

Group Normative Beliefs about Relational

Aggression. Child Development, 81 (3),

hlm. 826-836.


Article Metrics

Abstract view : 20 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.