Pelatihan Instalasi Listrik Sederhana pada Pemuda di Kelurahan Mannuruki Kota Makassar

Saharuddin Saharuddin(1*), Ganggang Canggi Arnanto(2), Mantasia Mantasia(3), Sutarsi Suhaeb(4), Anita Candra Dewi(5),

(1) Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(4) Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(5) Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak – Peningkatan Keterampilan para pasca masa pandemi covid-19 di Kota Makassar” ini bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan serta kecakapan hidup (life skills) yang dapat mereka gunakan untuk berwirausaha ataupun bekerja pada orang lain. Kegiatan ini sangat membantu mitra dan menjadi solusi alternatif dalam mengurangi angka pengangguran terutama di masa pandemi covid-19 saat ini di Kota Makassar. Disamping itu, mereka dapat membantu perekonomian keluarga, minimal mereka tidak lagi menjadi beban keluarga dan beban masyarakat. Metode yang digunakan dalam kegiatan yaitu 1) pemberian keterampilan instalasi listrik sederhana, dan 2) peningkatan pemahaman dan wawasan kewirausahaan. Pemberian keterampilan dilakukan dengan cara simulasi dan praktek langsung dengan objek yang sesungguhnya. Sedangkan pemahaman kewirausahaan dan pengembangan karaktek dilakukan metode ceramah dan tanya jawab dimana peserta akan diarahkan untuk membuka lapangan kerja sendiri ataupun terterima dengan baik jika bekerja untuk orang lain
Kata kunci: Peningkatan Keterampilan pemuda, instalasi listrik sederhana, wawasan kewirausahaan.

Full Text:

PDF

References


Andi Fitrah, Juanda Nawawi, Rahmatullah, 2014. Peran Pemerintah Kota Makassar dalam Pengentasan Kemiskinan pada Program UEP dan KUBE, journal.unhas.ac.id/index.php/government/article/download/.../pdf, diakses tanggal 23 Februari 2017.

Surip, 2011. Implementasi model project work dalam pembelajaran mixing bahan kimia untuk meningkatkan karakter kerja professional peserta didik.

Yogyakarta.PTK (tidak dipublikasikan)

Muhammad Basir, 2013. Hubungan Sosial dan Akses Sosial Masyarakat pada Lingkungan Pemukiman Kumuh di Kota Makassar, Universitas Hasanuddin.

Effendi, N, Tajuddin, 1996 “Perkembangan Penduduk, Sektor Informal, dan Kemiskinan Kota”. Dalam Agus Dwiyanto (Ed). Penduduk dan Pembangunan. Yogyakarta: Aditya Media.

Muh. Rais, 2010. PROJECT-BASED LEARNING: Inovasi Pembelajaran yang Berorientasi Soft skills, Seminar asional Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya


Article Metrics

Abstract view : 25 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.