Pelatihan Self Compassion Untuk Meningkatkan Subjective Wellbeing

Widyastuti Widyastuti(1*), Kartika Cahyaningrum(2), Nur Fitri Ramadani(3), Nur Arrad Tenri Gangka(4),

(1) Jurusan Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar
(4) Jurusan Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak Masa remaja merupakan masa yang paling mempengaruhi pembentukan karakter seseorang sehingga pada masa remaja juga menjadi rentan mengalami permasalahan psikologis . Hal ini terutama setelah terjadinya Pandemi Covid 19 dimana terjadi banyak sekali perubahan pola perilaku, baik dalam pendidikan maupun kehidupan pada umumnya. Salah satu permasalahan psikologis yang dialami remaja saat ini adalah kesejahteraan subjektif yang rendah. Banyak penelitian menunjukkan bahwa kasih sayang memiliki pengaruh yang kuat terhadap kesejahteraan psikologis, kebahagiaan, optimisme serta menurunkan kecemasan, depresi, dan perfeksionisme neurotik. Oleh karena itu, pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membantu siswa SMA 7 Pinrang untuk meningkatkan kesejahteraan psikologis yang dimiliki dengan memberikan pelatihan selfcompassion , sehingga dengan demikian, diharapkan siswa SMA 7 Pinrang dapat terhindar dari permasalahan psikologis yang berat.

Kata kunci: Remaja, Self Compassion , Subjective Wellbeing.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Achmad, H. R. & Wayudi, H. (2022). Hubungan stress akademik dan subjective well-being pada anak dan remaja selama pembelajaran daring. J.Ris.Psikol 1 (2). Hal 93-99. doi: 10.29313/jrp.vli2.460.

Diener, E., & Diener, R. B. (2008). Happiness: Unlocking the mysteries of psychological wealth. Victoria: Blackwell Publishing.

Diener, E., Lucas, R. E., & Oishi, S. (2002). Subjective well-being: The science of happiness and life satisfaction. Dalam C. R. Snyder., & J. Lopez (Eds.), Handbook of positive psychology, (hal. 63-73). New York: Oxford University Press.

Fisher, S. (1988). Leaving Home: Homesickness And The Psychological Effects Of Change And Transition. Dalam S. Fisher & J. Reason (Ed.), Handbook Of Life Stress, Cognition, And Health (H.41-59). England: Wiley.

Hurlock, E.B. 1997. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa: Istiwidayanti dan Soedjarwo. Jakarta: Erlangga.

Keyes, C. L. M., & Lopez, S. J. (2002). Toward a science of mental health. Dalam C. R. Snyder., & J. Lopez (Eds.), Handbook of positive psychology, (hal. 45-59 ). New York: Oxford University Press.

Neff, K.D. 2009. The Role of Self-compassion In Development: A Healthier Way to Relate Oneself". Human Develompment 52: 211-214

Neff, K & McGehee, P. 2009. Self-Identity, 225-240. Self-Compassion and Psychological Resilience Among Adolescents and Young Adlts. Psychological Press

Seswita, Prima. 2013. Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Resiliensi Dalam Menghadapi Stres Akademik Pada Mahaisiswa UPI Perantau. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia

Theresia,G.S dan Hasanat,U.H. 2011. Pengaruh Terapi Menulis Pengalaman Emosional Terhadap Penurunan Depresi pada Mahasiswa Tahun Pertama. Jurnal. Psikologi Universitas Gadjah Mada. Vol 38,No1, 92-107


Article Metrics

Abstract view : 30 times | PDF view : 30 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.