Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar kepada Guru Bahasa Indonesia di Makassar

Sulastriningsih Djumingin(1*), Muhammad saleh(2), Nurhusna Nurhusna(3),

(1) Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak Kurikulum merdeka belajar merupakan keleluasaan pendidik dan pembelajaran berkualitas, dalam hal ini kurikulum merdeka memberikan keleluasaan kepada pendidik untuk menciptakan pembelajaran berkualitas dengan kebutuhan lingkungan belajar peserta didik. Capaian pembelajaran bahasa Indonesia pada kurikulum merdeka memiliki tujuan, yaitu akhlak mulia dengan menggunakan bahasa Indonesia secara santun; sikap pengutamaan dan penghargaan terhadap bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi negara Republik Indonesia; kemampuan berbahasa dengan berbagai teks multimodal (lisan, tulis, visual, audio, audiovisual) untuk berbagai tujuan (genre) dan konteks; kemampuan literasi (berbahasa, bersastra, dan bernalar kritis-kreatif) dalam belajar dan bekerja; kepercayaan diri untuk berekspresi sebagai individu yang cakap, mandiri, bergotong royong, dan bertanggung jawab; kepedulian terhadap budaya lokal dan lingkungan sekitarnya; dan kepedulian untuk berkontribusi sebagai warga Indonesia dan dunia yang demokratis dan berkeadilan. Pelaksanaan kegiatan PKM ini berfokus menciptakan  guru bahasa Indonesia yang mahir dan terampil dalam menerapkan kurikulum merdeka belajar dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Implementasi kurikulum merdeka belajar sangat perlu dilakukan kepada guru Bahasa Indonesia supaya dalam pengaplikasiannya guru dapat melaksanakannya didalam kelas secara efektif dan efisien. Pelatihan ini dilakukan dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, dan tahap evaluasi melalui pendampingan. Pelatihan ini dilaksanakan untuk terciptanya guru Bahasa Indonesia yang paham tentang penerapan kurikulum merdeka belajar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.

Kata kunci: Kurikulum Merdeka Belajar, Bahasa Indonesia.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

SK Kepala BSKAP No. 8 Tahun 2022. Capaian Pembelajaran bahasa Indonesia sebagai kerangka dasar kurikulum merdeka.

Kepala Balitbangbuk No. 28 Tahun 2021 tentang Capaian Pembelajaran PAUD, SD, SMP, SMA, SDLB, SMPLB, DAN SMALB Pada Program Sekolah Penggerak.

Kepala Balitbangbuk No. 29 Tahun 2021 tentang Capaian Pembelajaran tentang Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran pada Program SMK Pusat Keunggulan.


Article Metrics

Abstract view : 59 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.