Program Pencegahan Bullying Melalui Mentor Sebaya di SMA Negeri 3 Majene

Nur Fadhilah Umar(1*), Fitriana Fitriana(2), M Amirullah(3), Aswar Aswar(4), Geminastiti Sakkir(5),

(1) Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Universitas Negeri Makassar
(4) Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Universitas Negeri Makassar
(5) Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak Tujuan dari Pengabdian pada masyarakat ini adalah mengidentifikasi perilaku berisiko Bullying pada peserta didik SMA di Kabupaten Majene dan memberikan edukasi untuk mencegah perilaku bersiko Bullying terhadap satuan Pendidikan peserta didik Kabupaten Majene Sulawesi Barat. Kegiatan ini dilaksanakan di salah satu ruangan SMA Negeri 3 Majene, Provinsi Sulawesi Barat. Peserta dalam program kegiatan PKM ini adalah seluruh guru di SMA Negeri 3 Majene yang berjumlah 17 Orang. Target pengabdian ini memiliki luaran yaitu mengenali bentuk-bentuk bullying yang terjadi pada rentang usia remaja di Sekolah, melatih peserta didik dalam mereduksi perilaku bullying yang memberikan dampak psikis terhadap korban sehingga setiap peserta didik merasa aware terhadap perilaku menyimpang tersebut, kemudian melaksanakan pelatihan berbasis preventif, efektif dan kuratif melalui pembentukan mentor sebaya yang akan memberikan dukungan mereduksi adanya perilaku bullying di sekolah #StopBullying. Hasil yang diperoleh dalam pengabdian ini adalah adanya pemahaman yang sangat baik dari guru tentang bullying yang terdapat di sekolah, hal tersebut dibuktikan melalui antusiasme guru selama mengikuti pelatihan. Kegiatan pengabdian ini diharapkan dilaksanakan secara berkesinambungan dan menyajikan materi yang relevan terhadap kebutuhan guru dalam kegiatan pembelajaran di sekolah.

Kata kunci: Program Pencegahan; Perundungan; Mentor Sebaya.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Junalia, E. , Y. (2022). Perilaku Bullying Pada Remaja Di Sekolah Menengah Pertama Tirtayasa Jakarta Education For The Prevention Of Bullying In Youth In Tirtayasa Junior High School Students. Journal Community Service and Health Science, 1(1). www.ejournal.stikes-pertamedika.ac.id/index.php/jcshs

Muspita, A., Nurhasanah, N., & Martunis, M. (2017). Analisis faktor-faktor penyebab perilaku bullying pada siswa SD Negeri Kecamatan Bukit Kabupaten Bener Meriah. JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling, 2(1).

Nies, M. A. (2019). Keperawatan Kesehatan Komunitas dan Keluarga [Community and Family Health Nursing]. Indonesia. Singapore: Elsevier Ltd.

Putri, A. D. S., & Budiman, M. A. (2019). Bullying Analysis in SDN Pandean Lamper 02 Kota Semarang. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 2(1), 226–231.

Saman, A., Umar, N. F., & Bakhtiar, M. I. (2018). Asesmen Online Bagi Guru Bimbingan Dan Konseling Kabupaten Barru.

Saman, A., Umar, N. F., Bakhtiar, M. I., & Harum, A. (2021). Pemanfaatan aplikasi canva untuk membuat media bimbingan dan konseling bagi MGBK Kabupaten Gowa. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 270–276.

Setiawan, A. J., Ilma Permana, A., Artikasari, M. L., Ula, J., Fadiyah, G. A., Kharisma, E., Delvin Tinasari, N., Anindhita, A. P., Indrianti, P., & Wulansari, W. (2022). Pengabdian Kepada Masyarakat Edukasi Pencegahan Bullying pada Murid Sekolah Dasar. 1(2), 2829–8713. https://doi.org/10.32584/jpp.v1i2.1836

Setiowati, A., & Dwiningrum, S. I. A. (2020). Strategi layanan bimbingan dan konseling di sekolah dasar untuk mengatasi perilaku bullying. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(2).

Umar, N. F., Rafli, M., Dilah, N. J., & Mentari, N. N. (2022). Pengembangan U-SHIELD: Aplikasi Self-Defense Remaja Berbasis Strategi Komunikasi Asertif Pencegah Cyberbullying. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 5(1), 35–43.

Yamin, A., Shalahudini, I., Rosidin, U., & Irman Somantri. (2021). Pencegahan Perilaku Bulying Pada Siswa-Siswi SPN 2 Tarogong Kidul Kabupaten Garut Prevention Bullying Behaviour At Students Smp 2 In Tarogong Kidul.


Article Metrics

Abstract view : 39 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.