PKM Pemberdayaan Pemuda Melalui Keterampilan Listrik Rumah Tangga Berbasis IoT Di Kelurahan Manuruki Kecamatan Tamalate Kota Makassar

Supriadi Supriadi(1*), Hasanah Nur(2), Faisal Najamuddin(3),

(1) Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik UNM
(2) Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik UNM
(3) Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik UNM
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak - Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan serta kecakapan hidup (life skills) yang dapat mereka gunakan untuk berwirausaha ataupun bekerja pada orang lain. Kegiatan ini sangat membantu mitra dan menjadi solusi alternatif dalam mengurangi angka pengangguran saat ini di Kota Makassar. Disamping itu, mereka dapat membantu perekonomian keluarga, minimal mereka tidak lagi menjadi beban keluarga dan beban masyarakat. Target yang ingin dicapai dari kegiatan PPM ini adalah 5 orang dari masing- masing mitra terampil dan kompeten menginstalasi listrik rumah tangga. Para peserta juga dibekali pengetahuan manajemen usaha dan kewirausahaan sehingga dapat lebih mandiri dengan menciptakan lapangan kerja sesuai dengan keterampilan yang dimilikinya. Target luaran utama PKM ini adalah; 1) publikasi ilmiah pada jurnal nasional, 2) publikasi pada media massa dan 3) penerapan IPTEK Metode yang digunakan dalam kegiatan yaitu 1) pemberian keterampilan teknik instalasi listrik rumah tangga berbasis IoT, dan 2) peningkatan pemahaman dan wawasan kewirausahaan. Pemberian keterampilan dilakukan dengan cara simulasi dan praktek langsung dengan objek yang sesungguhnya. Sedangkan pemahaman kewirausahaan dan pengembangan karaktek dilakukan metode ceramah dan tanya jawad dimana peserta akan diarahkan untuk membuka lapangan kerja sendiri ataupun terterima dengan baik jika bekerja untuk orang lain. Hasil pengabdian yang telah dilaksanakan menghasilkan: Peserta pelatihan dapat meningkatkan pemahamannya dalam melakukan instalasi listrik rumah tangga, Peningkatan keterampilan peserta dalam instalasi listrik rumah tangga berbasis IoT, Mampu menyelesaikan pekerjaan dilaporkan sesuai dengan prosedur yang ditetapkan, Peserta pelatihan mampu melakukan instalasi listrik rumah tangga berbasis IoT.
Kata Kunci: Interner of Things, instalasi, listrik

Full Text:

PDF

References


Andi Fitrah, Juanda Nawawi, Rahmatullah, 2014. Peran Pemerintah Kota Makassar dalam Pengentasan Kemiskinan pada Program UEP dan KUBE,journal.unhas.ac.id/index.php/government/article/download/.../pdf,Depdiknas, Pengembangan Model Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill), (Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas,. 2004)

Effendi, N, Tajuddin, 1996 “Perkembangan Penduduk, Sektor Informal, dan Kemiskinan Kota”. Dalam Agus Dwiyanto (Ed). Penduduk dan Pembangunan. Yogyakarta: Aditya Media.

https://kemensos.go.id/kemensos-berikan-perlindungan-kepada-4-jutaan-anak-yatim-piatu

Humaira Azzahra syarif, Pengembangan Sistem Smart Room Berbasis Internet of Things Menggunakan Voice Recognition di Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika FT-UNM, 2021, Skripsi: Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika FT-UNM.

Muhammad Basir, 2013. Hubungan Sosial dan Akses Sosial Masyarakat pada Lingkungan Pemukiman Kumuh di Kota Makassar, Universitas Hasanuddin.

P. A. Dhobi and N. Tevar, “IoT based home appliances control,” in 2017 International Conference on Computing Methodologies and Communication (ICCMOC), 2017, pp. 648-651.

S. P. Raja, T. D. Rajkumar, and V. P. Raj, “Internet of Things: Challenges, Issues and Applications,” J. Circuits, Syst. Comput., vol. 27, no. 12, p. 1830007, Nov. 2018.

Solikhin, Ahmad. 2011, Konsep Program Pendidikan Kecakapan Hidup, http://visiuniversal.blogspot.co. id. Diakses 10 Januari 2022

Y. Efendi, “Internet Of Things (Iot) Sistem Pengendalian Lampu Menggunakan Raspberry Pi Berbasis Mobile,” J. Ilm. Ilmu Komput., vol. 4, no. 2, pp. 21-27, Sep. 2018.


Article Metrics

Abstract view : 19 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.