Pelatihan Mesin Tempel Untuk Peningkatan Produktivitas Nelayan di Kecamatan Binuang

Darmawang Darmawang(1*), Zulhaji Zulhaji(2), Faizal Amir(3),

(1) Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak-Pelatihan servis mesin tempel yang dilaksanakan di Desa Galeso Kecamatan Binuang Kabupaten Polewali dengan tujuan untuk memberikan peserta keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan dalam perbaikan mesin tempel dengan cara yang efektif dan praktis agar masyarakat nelayan dapat melakukan perawatan dan memperbaiki gejala kerusakan pada mesin tempel mereka, khususnya kerusakan yang terjadi secara tiba-tiba seperti keruskan pada sistem bahan bakar dan sistem penyalaan. Khalayak sasaran program pelatihan ini adalah para masyarakat nelayan termasuk pemilik dan penyewa mesin tempel. Metode pelatihan yang dilaksanakan dalam peletihan ini merupakan penerapan pembelajaran praktikum langsung oleh peserta pelatihan dengan terlebih dahulu mengamati simulasi yang dilakukan oleh narasumber dan kemudian melakukan sendiri. Manfaat mengamati adalah peserta akan memahami masalah secara mendalam sebelum melangkah pada proses perbaikan, melalui peniruan langkah-langkah perbaikan, peserta akan memiliki contoh nyata tentang bagaimana perbaikan seharusnya dilakukan, yang memudahkan pemahaman mereka dan mengurangi kesalahan dalam pelaksanaan, dan dengan melaksanakan “Pengalaman Langsung” peserta dapat menerapkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam situasi nyata. Ini akan meningkatkan kepercayaan diri mereka dalam menghadapi tantangan teknis. Secara keseluruhan, pelatihan ini memberikan manfaat yang signifikan bagi peserta, karena mereka memiliki keterampilan yang diperlukan untuk memperbaiki mesin tempel dengan lebih efisien dan efektif. Hal ini yang membuat antusiasme para peserta pelatihan dalam mengikuti rangkaian pelatihan sampai akhir pelaksanaan.

Kata Kunci: Perbaikan, Perawatan, Mesin Tempel


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Bariqi, M. D. (2018). Pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 5(2), 64–69.

Pemerintah Polewali Mandar. (2021). Statistik Kabupaten Polewali Mandar. https://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Polewali_Mandar

Punaji Setyosari. (2016). Belajar berbasis masalah (Problem based learning). Pelatihan Dosen-Dosen PGSD FIP UNY.

Sueca, I. N., Artajaya, G. S., & Suardana, I. P. O. (2021). Pelatihan Pengembangan Entrepreneur Berbasis Potensi Diri Dalam Penguatan Karakter Generasi Milenial Di Yayasan Dvipantara Samskrtam. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(3), 932–935.

Usman, H. (n.d.). JURNAL PTK DIKMEN VOL. 2 NO. 1 OKTOBER 2012.


Article Metrics

Abstract view : 21 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.