PKM Kebersyukuran Untuk Meningkatkan Student Wellbeing Pada Siswa MAN 2 Polman Sulbar

Ahmad Ridfah(1*), M. Ahkam Alwi(2), Perdana Kusuma(3),

(1) Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar
(2) Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar
(3) Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak – Kebersyukuran mengarah pada kehidupan yang melibatkan emosi positif. Emosi positif dapat membangun sumber daya secara psikologis dan sosial, yang memudahkan untuk beradaptasi dengan lingkungan serta menghadapi permasalahan yang dihadapi. Kebersyukuran merupakan emosi positif yang berfungsi membantu siswa untuk merasakan kenyamanan terhadap lingkungan di sekitarnya termasuk ketika siswa berada di sekolah. sekolah. Permasalahan yang ditemukan pada siswa adalah iswa masih merasakan ketidakpuasan dan emosi negatif ketika berada di sekolah. Banyak siswa memiliki banyak keluhan dan kekecewaan terkait kondisi serta pelayanan yang ada di sekolah, seperti kurikulum dan jadwal belajar. Berdasarkan permasalahan tersebut dilaksanakan kegiatan peningkatan kebersyukuran pada siswa. Kegiatan ini membantu permasalahan yang dialami siswa. Pelatihan kebersyukuran membantu siswa meningkatkan well-being pada siswa, merasakan emosi positif yang diungkapkan melalui kemampuan para siswa mengungkapkan perasaan menjaga motivasi, tertawa, merasakan kepuasan di sekolah, yang diungkapkan melalui ekspresi kebahagian para siswa, pengalaman baru yang membawa rasa syukur, dan pemahaman yang lebih mendalam tentang pentingnya bersyukur dan rintangan karena memiliki kerangka berpikir yang positif. Selain itu, pelatihan kebersyukuran juga membantu meningkatkan pertumbuhan empati pada siswa. Siswa yang bersyukur lebih mampu merasakan dan memahami perasaan orang lain, yang merupakan keterampilan penting dalam hubungan sosial. Kata kunci: Kebersyukuran, siswa, student well-being.

Full Text:

PDF

References


Ahkam, M. A., & Arifin, N. A. I. (2017). Optimisme

dan School Well-Being pada Mahasiswa.

Jurnal Psikologi TALENTA, 3(1), 2615–1731.

https://doi.org/10.26858/talenta.v3i1.13182

Ahkam, M. A., Suminar, D. R., & Nawangsari, N. F.

(2020). Kesejahteraan Di Sekolah Bagi Siswa

Sma: Konsep Dan Faktor Yang Berpengaruh.

Jurnal Psikologi TALENTA, 5(2), 143.

https://doi.org/10.26858/talenta.v5i2.13290

Algoe, S. B., & Stanton, A. L. (2012). Gratitude

when it is needed most: Social functions of

gratitude in women with metastatic breast

cancer. Emotion, 12(1), 163–168.

https://doi.org/10.1037/a0024024

Alwi, A., Suminar, D. R., & Nawangsari, N. F.

(2021). Development and Validation of a

Indonesian translate Brief Adolescents

Subjective Wellbeing in School Scale. Journal

of Educational, Health and Community

Psychology, 10(1), 91–103.

https://doi.org/10.12928/jehcp.v10i1.18480

Alwi, M. A., & Fakhri, N. (2022). School well-being

di Indonesia : Telaah Literatur. Jurnal

Psikologi Talenta Mahasiswa, 1(3).

Alwi, M. A., Fakhri, N., & Kurniawan, W. (2023).

ADAPTATION OF THE GRATITUDE

QUESTIONNAIRE (GQ-6) IN INDONESIA.

Journal of Educational, Health and

Community Psychology, 1(2), 480.

https://doi.org/10.12928/jehcp.v1i2.25840

Alwi, M. A., & Razak, A. (2022). PKM

Kebersyukuran untuk Meningkatkan Regulasi

Diri pada Siswa SMA 10 Jeneponto. Pengabdi,

(2).

https://doi.org/10.26858/pengabdi.v3i2.40864

Alwi, M. A., Suminar, D. R., & Nawangsari, N. A.

F. (2020). Support Related to Schools and

School Well-Being: Self Esteem as Mediator.

International Journal of Pedagogy and

Teacher Education, 4(2), 119–125.

https://doi.org/10.20961/ijpte.v4i2.42869

Emmons, R. A., & Crumpler, C. A. (2000).

Gratitude as a human strength : Appraisning

the evidence. , Journal of Social and Clinical

Psychology, 1, 56–69.

Fredrickson, B. L. (1998). What good are positive

emotions? Review of General Psychology,

(3), 300–319. https://doi.org/10.1037/1089-

2.3.300

Fredrickson, B. L. (2001). The role of positive

emotions in positive psychology: The broadenand-build theory of positive emotions.

American Psychologist, 56(3), 218–226.

Fredrickson, B. L. (2004). Gratitude, like other

positive emotions, broaden and Builds. In The

Psychology of Gratitude (pp. 145–166).

Oxford University Press, Inc. Published.

McCullough, M. E., & Tsang, J. (2004). Parent of

the virtues? The prosocial of gratitude. In In R.

A. Emmons & M. E. McCullough (Eds.)The

Psychology of Gratitude (Issue 2, pp. 123–

. Oxford University Press.

https://doi.org/10.1556/mental.14.2013.2.3

Nabilahumaida, & Alwi, M. A. (2023). Do Gender

Differences Exist in Gratitude? Al-Maiyyah,

(1), 33–41.

https://doi.org/https://doi.org/10.35905/almaiyyah.v16i1.785

Seligman, M. E. P., & Csikszentmihalyi, M. (2010).

Positive psychology: An introduction. Flow

and the Foundations of Positive Psychology:

The Collected Works of Mihaly

Csikszentmihalyi, 9789401790(1), 279–298.

https://doi.org/10.1007/978-94-017-9088-

_18

Sulsani, I., & Alwi, M. A. (2023). Subjective WellBeing di Sekolah dan Student Engagement

pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal

Psikologi Talenta Mahasiswa, 2(4).

https://ojs.unm.ac.id/jtm/article/view/44717

Wahyuni, A. (2020). Hubungan Adversity Quotient

dengan School WellBeing Pada Siswa MAN 3

Pekanbaru. Skripsi. Univesitas Islam Negeri

Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru.

Wood, A. M., Froh, J. J., & Geraghty, A. W. A.

(2010). Gratitude and well-being : A review

and theoretical integration. Clinical

Psychology Review.

https://doi.org/10.1016/j.cpr.2010.03.005

Wood, A. M., Maltby, J., Gillett, R., Linley, P. A.,

& Joseph, S. (2008). The role of gratitude in

the development of social support, stress, and

depression: Two longitudinal studies. Journal

of Research in Personality, 42(4), 854–871.

https://doi.org/10.1016/j.jrp.2007.11.003


Article Metrics

Abstract view : 45 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.