PKM Pelatihan Model Permainan Kreatif Menggunakan Media Bahan Alam Untuk Pengembangan Self Control Anak Bagi Guru Tk Di Kabupaten Mejene

Rusmayadi Rusmayadi(1*), Sri Rika Amriani .H(2), Andi Sri Wahyuni Asti(3),

(1) Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak –Salah satu aspek yang harus dikembangkan pada anak usia dini adalah self control, anak yang memiliki self control yang baik akan mampu belajar untuk mengontrol dorongan mereka dalam merespon suatu situasi. Perrmainan kreatif merupakan suatu kegiatan yang dilakukan yang sifatnya menarik yang membangkitkan rasa ingin tahu anak, memotivasi anak untuk berpikir kritis dan menemukan hal-hal baru, serta kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru berdasarkan unsur-unsur yang telah ada sebelumnya dan dipergunakan untuk bermain dengan memilih kegiatan yang disukai, mencari kesenangan atau kepuasan melalui suatu aktivitas yang dapat menstimulus semua aspek perkembangan pada anak. media dan sumber belajar alam adalah media dan sumber belajar yang berupa benda-benda, tanaman, binatang, dan pemandangan atau tempat-tempat dari alam. Semua itu bisa digunakan sebagai sumber belajar karena alam, tanaman, binatang, benda-benda dan tempat alam memiliki banyak informasi yang terkait dengan materi belajar. Bahan alam adalah bahan-bahan yang berasal dari alam yang dapat diolah menjadi barang-barang yang bermanfaat bagi penggunanya. Seperti : air, tanah dan pasir. Pelaksanaan kegiatan PKM ini berfokus kepada pelatihan Model Permainan kreatif menggunakan bahan alam untuk pengembangan Self Control anak bagi guru di taman kanak-kanak. Metode pelaksanaan kegiatan ini adalah pelatihan intensif dengan perpaduan teori dan praktek serta diskusi dan unjuk kerja hasil workshop di akhir pelatihan, berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, dilaksanakan dengan menggunakan beberapa metode yaitu taya jawab, ceramah, demonstrasi, interaksi langsung, serta evaluasi. Pelaksanaan PKM di pusatkan di Kecamatan Banggae Kabupaten Mejene. Peserta kegiatan sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini karena peserta mendapatkan tambahan pengetahuan yang berkaitan dengan pengembangan self control anak melalui model permainan kreatif menggunakan media bahan alam. Kata kunci: Model Permainan kreatif, Media bahan alam, Self control anak.

Full Text:

PDF

References


Kurniawan, Heru. 2016. Sekolah Kreatif.

Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Muliawan, Jasa U. 2009. Tips Jitu Memilih Mainan

Positif dan Kreatif Untuk Anak Anda.

Jogjakarta: DIVA Press.

Nugraha, Ali. 2008. Pengembangan Pembelajaran

Sains Pada Anak Usia Dini. Bandung: JILSI

foundation

Tarullo, A.R., Obradovic, J & Gunnar, M.R.(2009).

Self-Control and the Developing Brain. Zero

to Three, hal. 31-37.


Article Metrics

Abstract view : 30 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.