Peningkatan Kualitas Industri Rumah Tangga di Desa Kindang Berbasis Partisipasi Masyarakat Melalui Pelatihan dan Pendampingan Wirausaha

Alda Hikmah Rhamadani JL(1*), Yunita Afni Nurainun(2), Nur Anisa(3), Sukasmi Lala(4), Jibriyanti Jibriyanti(5),

(1) Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Makassar
(4) Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Makassar
(5) Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak – Sebagai salah satu desa dengan potensi alam yang melimpah, Desa Kindang Kabupaten Bulukumba dapat menjadi role model sebagai Desa Wirausaha yang memanfaatkan potensi lokal daerah. Didukung dengan jumlah pelaku usaha di Desa Kindang yang mayoritas ibu rumah tangga dan pemuda desa. Namun, beberapa permasalahan yang dihadapi pelaku usaha untuk pengembangan usahanya yaitu terkendala terkait dengan pemasaran, kemasan produk yang masih tradisional, belum adanya pencatatan keuangan, dan usaha belum memiliki surat izin serta legalitas produk. Pelaksanaan kegiatan pengabdian pemberdayaan masyarakat ini berfokus kepada pelatihan desain kemasan, branding dan marketing, manajemen keuangan, dan pendampingan sertifikasi produk serta legalitas usaha. Pelaksanaan program ini dipusatkan di aula kantor Desa Kindang yang diikuti oleh 18 pelaku usaha, terdiri dari ibu-ibu rumah tangga dan pemuda desa. Program ini dilaksanakan dalam bentuk pelatihan dan pendampingan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para pelaku usaha di Desa Kindang. Hasil pelatihan dan pendampingan menghasilkan desain kemasan, sertifikasi produk dan legalitas usaha masing-masing pelaku usaha.
Kata kunci: Pengolahan hasil alam, pelatihan dan pendampingan, pelaku usaha.

Full Text:

PDF

References


Nikkhah, H. A., & Redzuan, M. (2009). Participation as a medium of empowerment in communitydevelopment. European Journal of Social Sciences, 11(1), 170–176.

Rahmawati, Murni, S., Suhardjanto, D., Iswanto, & Sawitri, D. (2017). Green Entrepreneurship: Konsep dan Aplikasi di Desa Eduwisata Hijau Sukunan Yogyakarta (pp. 1–100).

Utami, F., & Prasetyo, I. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Pengabdian Masyarakat dalam Meningkatkan Kemampuan Pemasaran Produk Community Empowerment Program Through Community Service in Improving Product Marketing Capabilities. Journal of Millennial Community, 2(1), 20–27. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jce/article/view/16866


Article Metrics

Abstract view : 29 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.