PKM Digitalisasi Pembelajaran: Meningkatkan Literasi Digital Melalui Aplikasi Kinemaster

Asri Ismail(1*), Asis Nojeng(2), M. Miftach Fakhri(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak – Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk menggali potensi penggunaan teknologi dalam meningkatkan literasi digital di kalangan pelajar melalui pemanfaatan aplikasi Kinemaster sebagai alat pembelajaran yang inovatif. Literasi digital menjadi unsur kunci dalam kesuksesan individu dalam masyarakat berbasis teknologi informasi saat ini, dan penerapan teknologi multimedia seperti Kinemaster dapat berperan penting dalam mencapai tujuan ini. Metode yang digunakan dalam PKM ini adalah pelatihan kepada peserta, terutama pelajar dan guru, dalam penggunaan aplikasi Kinemaster untuk membuat konten multimedia yang mendukung pembelajaran. Peserta diajarkan cara mengedit video, menambahkan elemen-elemen multimedia, dan memproduksi materi pembelajaran yang menarik dengan aplikasi ini. Hasil dari kegiatan ini mencakup peningkatan keterampilan literasi digital peserta, peningkatan kemampuan mereka dalam memanfaatkan teknologi untuk tujuan pembelajaran, dan peningkatan minat mereka dalam eksplorasi kreatif melalui multimedia. Selain itu, PKM ini menghasilkan berbagai konten pembelajaran multimedia yang dapat digunakan oleh peserta sebagai sumber belajar tambahan dan dapat dibagikan dengan masyarakat secara lebih luas. PKM ini memberikan kontribusi positif dalam mengembangkan literasi digital di kalangan pelajar, memfasilitasi proses pembelajaran yang lebih interaktif dan berbasis teknologi, dan menciptakan kesempatan bagi peserta untuk menjadi produsen konten multimedia yang lebih terampil dan bertanggung jawab. Selain itu, pemanfaatan aplikasi Kinemaster sebagai alat pembelajaran dapat memberikan dampak positif dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui pendekatan yang lebih modern dan menarik. Kata kunci: Literasi Digital; Kinemaster

Full Text:

PDF

References


Hakiki, M., Apdoludin, N., Wulandari, T., Sabir, A.,

& Pitra, D. (2023). Workshop dan pelatihan

penerapan e-learning (learning management

system) melalui manajemen kelas pada smk

negeri 6 muara bungo. I-Com Indonesian

Community Journal, 3(1), 299-307.

https://doi.org/10.33379/icom.v3i1.2256

Liza, K. and Andriyanti, E. (2020). Digital literacy

scale of english pre-service teachers and

their perceived readiness toward the

application of digital technologies. Journal

of Education and Learning (Edulearn),

(1), 74-79.

https://doi.org/10.11591/edulearn.v14i1.13

Nurilham, A., Purwitasari, D., & Fatichah, C.

(2018). Ekstraksi frasa kunci pada

penggabungan klaster berdasarkan

maximum-common-subgraph. Jurnal

Nasional Teknik Elektro Dan Teknologi

Informasi (Jnteti), 7(3).

https://doi.org/10.22146/jnteti.v7i3.432

Oktoviana, L., Hasanah, D., Sulandra, I., Susiswo,

S., Lestari, T., & Nurhakiki, R. (2020).

Pendampingan penulisan artikel ilmiah dari

hasil penelitian bagi guru matematika smk

kota kediri. Abdimas Jurnal Pengabdian

Masyarakat Universitas Merdeka Malang,

(2).

https://doi.org/10.26905/abdimas.v5i2.3820

Setiawan, H. and Tasmi, T. (2023). Pengenalan

pembelajaran tik di tk indo global mandiri.

Akm Aksi Kepada Masyarakat, 4(1), 225-

https://doi.org/10.36908/akm.v4i1.851

Surijah, E. (2020). Editorial. Anima Indonesian

Psychological Journal, 35(2).

https://doi.org/10.24123/aipj.v35i2.2904

Syazali, M., Affandi, L., Nursaptini, N., Rahmatih,

A., & Astria, F. (2020). Preliminary analysis

kesulitan mahasiswa s-1 pgsd dalam

mereview artikel ilmiah di jurnal. Progres

Pendidikan, 1(3), 177-184.

https://doi.org/10.29303/prospek.v1i3.19.

https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100760

Wuisan, D. (2022). Pengenalan kewirausahaan di

era digitalisasi pada remaja ppa aletheia di

jawa timur. Prosiding Konferensi Nasional

Pengabdian Kepada Masyarakat Dan

Corporate Social Responsibility (Pkm-Csr),

, 1-10.

https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v5i0.1812


Article Metrics

Abstract view : 37 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.