Pelatihan Penggunaan Media Lagu Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Pondok Pesantren Sultan Hasanuddin Pattunggalengang Limbung Gowa
(1) Jurusan Pendidikan Bahasa Asing, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Pendidikan Bahasa Asing, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Pendidikan Bahasa Asing, Universitas Negeri Makassar
(4) Jurusan Pendidikan Bahasa Asing, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak – Bahasa Arab adalah bahasa Al-Qur’an yang merupakan pedoman hidup manusia,dan harus kita pahami serta amalkan, dengan bahasa Arab pula kita dapat berkomunikasi dan berkunjung ke negara-negara Arab yang dapat menambah wawasan dan pengalaman kita.Terdapat berbagai macam metode dalam mempelajari bahasa terkhusus Bahasa Arab. Salah satunya adalah dengan metode lagu. Metode ini sangat efektif dilaksanakan dalam pengenalan kosa kata begitu juga dalam merangkai kalimat sederhana, terkhusus bagi pemula atau anak-anak. Karena selain mudah dipahami, dengan lagunya juga anak-anak tidak akan merasa jenuh dan bosan, sehingga akan sagat mudah bagi mereka untuk memahami pelajaran yang disampaikan.Pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan yang sangat kondusif dalam pembelajaran bahasa, selain karena lingkungan yang baik, pelatihan dan praktek menggunakan bahasa bahasa asing seperti bahasa Arab juga sangat efektif, karena adanya kewajiban untuk selalu bercakap dengan bahsa Arab atau bahasa asing lainnya.Pesantren Sultan Hasanuddin yang terletak di desa Pattunggalengang kabupaten Gowa, merupakan salah satu pesantre yang menjadikan Bahasa Arab sebagai bahasa wajib, sehingga sangat baik bagi pondok tersebut, untuk dapat menerapkan berbagai metode dalam pembelajaran Bahasa Arabnya, salah satunya dengan metode lagu yang akan disampaikan oleh Tim PKM kami, dengan harapan semoga dengan penerapan metode ini, para santri dan santriwati semakin semangat mempelajari Bahasa Arab.Metode yang digunakan dalam PKM ini adalah Ceramah,dialog dan praktek Kata kunci: Media Lagu dan Bahasa Arab
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi,dkk (2020) Metodologi Pembelajaran
Bahasa Arab Konvensional hingga Era
Digital.Yogyakarta: Ruas Media
Arsyad,Azhar (2019) Media Pembelajaran.Depok
: Rajawali Press
Nurbayan,Yayan(2008) Pembelajaran Bahasa
Arab.Bandung: Zein Al-Bayan
Nurhidayati,dkk (2014) Strategi Pembelajaran
Bahasa Arab untuk Anak.Malang
Sadiman (2008) Media Pendidikan Pengertian,
Pengembangan dan Pemanfaatannya,
Jakarta : PT.Raja Grafindo Persada
Suryaman, Maman (2012) Metode Pembelajaran
Bahasa.Yogyakarta: UNY Pers.
Thohir,dkk (2021) Metode Pembelajaran Bahasa
Arab sebagai Bahasa Asing. Sidoarjo:
Kanzum Books
Article Metrics
Abstract view : 14 times | PDF view : 3 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.