Pemodelan Ecommerce Berbasis Bussines To Costumers Demi Peningkatan Umkm Argiash Kota Parepare

Yusran Bachtiar(1*), Andi Wafiah(2), Nirwana Sampara(3), Saskia Auliah Ashar(4), Prawira Resky Pratama(5),

(1) Universitas Muhammadiyah Parepare
(2) Universitas Muhammadiyah Parepare
(3) Universitas Muhammadiyah Parepare
(4) Universitas Muhammadiyah Parepare
(5) Universitas Muhammadiyah Parepare
(*) Corresponding Author



Abstract


 

Abstrak Belum optimalnya pemberdayaan masyarakat di wilayah mitra berimplikasi pada rendahnya tingkat pendapatan masyarakat. Disisi lain kelompok usaha berpotensi dalam membangun prekonomian warga, khususnya usaha bubuk minuman herbal instan dalam kemasan “Argiash”, ketersediaan bahan baku mudah ditemukan serta sumberdaya yang memadai kelompok usaha“argiash” potensial untuk dikembangkan Permasalahaan Lemahnya  motivasi dan kemampuan sumber daya manusia pelaku usaha,rendahnya kuantitas dan kualitas produksi usaha dan belum menerapkan standarisasi produk, kurangnya pengetahuan dalam manajemen keuangan usaha serta sistem pemasaran konvensional,dan belum memanfaatan teknologi informasi dalam hal ini pemodelan ecommerce. Solusi Meningkatkan motivasi dan kapabilitas sumber daya manusia pelaku usaha, Memberikan pelatihan/ workshop manajemen produk menerapan good manufacturing product, Melakukan kegiatan workshop/pelatihan manajemen keuangan usaha, Strategi pemasaran produk dengan cara memanfaatkan teknologi informasi dengan cara mebuat pemodelan pemasaran online berbasis ecommerce metode Sosialisasi, Melakukan workshop peningkatan motivasi dan kapabilitas SDM, pelatihan keterampilan manejerial kewirausahaan, Pengembangan pembuatan Produk Usaha, pendampingan pemanfaatan teknologi informasi dalam pemasaran produk melalui e-commerce berbasis website, dan melakukan evaluasi kinerja mitra dalam hal manejemen usaha. Hasil Pengabdian kepada masyarakat ini melalui pelatihan Peningkatan Motivasi dan kapabilitas SDM pelaku usaha telah berjalan sesuai harapan, Tingkat partisipasi mitra yang sangat tinggi berdampak positif tehadap keberlangsungan program, hal tersebut terlihat dari beberapa pelatihan serta dalam pendampingan dalam pembuatan produk, meningkatnya Motivasi dan kapabilitas SDM pelaku usaha, meningkatnya pengetahuan tentang pengeloaan  keuangan, dengan terciptanya aplikasi ecommers website to costumers, dapat meningkatan frekuensi dan kapasitas produksi

Kata kunci: Pemberdayaan, UMKM, Ecommerce


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Kendari, I. (2023) ‘PEMBERDAYAAN PEREMPUAN PESISIR Resona : Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat Kelurahan Boeara merupakan salah satu Kelurahan yang terletak di Kecamatan Poleang yang dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai mata pencarian seperti kopra sehingga membuat’, 7(1), pp. 133–142.

L.J, H.S. et al. (2022) ‘Pengolahan Limbah Plastik Sebagai Media Tanam Di Sekitaran Kampus Universitas Muhammadiyah Parepare’, Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), pp. 565–568. Available at: https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2467.

PESISIR, P.L.K.M.P.K.T.B.E.D.M.T.H.N.S.D.T.K. (2022) ‘Prosiding 6’, pp. 607–613.

Sidokumpul, D.I.K. et al. (2020) ‘PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM PEMASARAN PRODUK UMKM Pendahuluan Pandemi COVID-19 memiliki dampak sektor ekonomi . Menteri Keuangan Sri jatuh . Kedua , investasi ikut melemah Indonesia Dikarenakan menurunnya kegiatan masyarakat di luar pada suatu usaha . ’, 10(1).

Veza, O. (2019) ‘Perancangan E-commerce Untuk Memperluas Produk Komunikasi di PT. Golden Communication Berbasis Web Mobile’, Jurnal Teknik Ibnu Sina (JT-IBSI), 4(1), pp. 95–100. Available at: https://doi.org/10.36352/jt-ibsi.v4i1.180.

Wafiah, A. (2021) ‘JURNAL SINTAKS LOGIKA SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA PADA BANK SAMPAH (Study Kasus: Bank Sampah Wirabuana RW 06, Kel.Lapadde, Kec.Ujung, Kota Parepare) Informasi Artikel’, 1(2), pp. 50–53. Available at: https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/sylog▪50.

Yusuf, S. and Bahtiar, Y. (2022) ‘ADMINISTRASI DAN KEUANGAN YANG AKUNTABEL Badan Usaha Milik Desa atau Percepatan Pemulihan Ekonomi Desa , arahan Presiden , yakni pertama berbasis SDGs Desa Kemendes PDTT informasi , desa wisata , pencegahan desa tertinggal’, 5(1), pp. 2854–2866.


Article Metrics

Abstract view : 28 times | PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.