Penerapan Langkah-Langkah Penggunaan Aplikasi Anates Versi 4.0.9 Bagi Guru SD Melalui Pelatihan

Sudarto Sudarto(1*), Abd. Hafid(2), Abd. Kadir(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Mitra Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah Guru SD di Kabupaten Bone yang menjadi mitra UNM melalui MOU. Masalah dalam PKM ini adalah para guru SD mitra UNM belum tahu langkah-langkah penggunaan aplikasi Anates. Untuk mengatasi permasalahan ini maka dilakukan pelatihan secara tatap muka langsung dan pembimbingan langsung untuk memberikan langkah-langkah penggunaan aplikasi anates. Metode pendukung yang digunakan dalam PKM ini adalah (1) observasi, (2) ceramah, (3) demonstrasi, (4) tanya-jawab, dan (5) pelatihan.. Hasil dan Kesimpulan pengabdian menunjukkan bahwa ada tiga langkah utama dalam menggunakan aplikasi anates, yaitu: (1) memahami materi, memahami fitur yang ada pada aplikasi anates versin4.0.9, dan (3) mencoba menerapkan setiap fitur.

 

Kata Kunci: Langkah-langkah, Aplikasi, Anates, Penggunaan

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arviansyah, M. R., & Shagena, A. (2022). Efektivitas dan Peran Guru dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 17(1), 40-50.

Astuty, W., & Suharto, A. W. B. (2021). Desain Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Daring dengan Kurikulum Darurat. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(1), 81-96.

Aziza, R. N., & Dzhalila, D. (2018). Metode kuantitatif dengan pendekatan klasik pada aplikasi analisis butir soal sebagai media evaluasi penentuan soal yang berkualitas. Kilat, 7, 1689-99.

Dewi, P. Y. A. (2020). Paradigma Inisiasi Kultural Ke Multikulturalisme. Purwadita: Jurnal Agama dan Budaya, 4(1), 33-46.

Fahmi, A. (2021). Implementasi Program Sekolah Ramah Anak Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Visionary: Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan, 9(1), 33-41.

Ikhtiarti, E., Adha, M. M., & Yanzi, H. (2019). Membangun generasi muda smart and good citizenship melalui pembelajaran ppkn menghadapi tantangan revolusi industri.

Islami, M. N., Aini, D., Rosyida, E. F., Arifa, Z., & Machmudah, U. (2021). Manajemen program perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi Munadharah'Ilmiyah Pekan Arabi di Universitas Negeri Malang di masa pandemi. Taqdir: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 7(2), 181-197.

Khasanah, I., Fuady, A., & Sunismi, S. (2023). Analisis Soal Ulangan Harian Matematika Bentuk Pilihan Ganda. MATHEMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 5(2), 110-125.

Magdalena, I., Fauziah, S. N., Faziah, S. N., & Nupus, F. S. (2021). Analisis Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesulitan dan Daya Beda Butir Soal Ujian Akhir Semester Tema 7 Kelas III SDN Karet 1 Sepatan. BINTANG, 3(2), 198-214.

Muluki, A. (2020). Analisis kualitas butir tes semester ganjil mata pelajaran IPA Kelas IV MI Radhiatul Adawiyah. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 86-96.

Nurhayati, T. (2016). Perkembangan perilaku psikososial pada masa pubertas. Edueksos Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 4(1).

Noor, S. (2020). Penggunaan quizizz dalam penilaian pembelajaran pada materi ruang lingkup biologi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X. 6 SMAN 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati, 6(1), 1-7.

Rahmayanti, N. (2021). JURNAL APLIKASI GAME BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK ANAK USIA DINI.

Santosa, S., & Badawi, J. A. (2022). Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Tema Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(2), 1678-1686.

Setiawati, F. (2022). Dampak kebijakan perubahan kurikulum terhadap pembelajaran di sekolah. NIẒĀMULILMI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 1-17.

Siskawati, F. S., A'yun, A. A. S. Q., & Irawati, T. N. (2022). Analisis Kelayakan Butir Soal pada Media INTERMATHLY (Interesting Mathematic Monopoly). Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 634-654.

Sudarto, S., Hafid, A., & Kadir, A. (2023). TINGKAT PENCAPAIAN KEMAMPUAN GURU SD DALAM MENGGUNAKAN APLIKASI ANATES MELALUI PELATIHAN. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(5), 793-800.

Tarmizi, P., Setiono, P., Amaliyah, Y., & Agrian, A. (2020). Analisis butir soal pilihan ganda tema sehat itu penting kelas V SD Negeri 04 Kota Bengkulu. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 124-132.

Widiyono, S. (2019). Pengembangan nasionalisme generasi muda di Era Globalisasi. Populika, 7(1), 12-21.

Wiyoko, T., Megawati, M., Aprizan, A., & Avana, N. (2019). Peningkatan kompetensi siswa melalui pembinaan olimpiade sains (OSN). Warta LPM, 22(2), 67-75.


Article Metrics

Abstract view : 123 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.