PKM Pengenalan Aplikasi Gambar 3D Untuk Guru/Siswa SMK Majene

Ahnaf Riyandirga(1*), Ulfaizah Ulfaizah(2), Husnirrahman Husnirrahman(3), Akmal Baharuddin(4),

(1) Jurusan Pendidikan Teknik Sipil & Perencanaan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Pendidikan Teknik Sipil & Perencanaan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Pendidikan Teknik Sipil & Perencanaan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(4) Jurusan Pendidikan Teknik Sipil & Perencanaan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak – . Pemodelan 3D adalah proses mengembangkan representasi matematis dari setiap permukaan objek tiga dimensi. Produk ini disebut model 3D. Seseorang yang bekerja dengan model 3D disebut sebagai 3D artist. Dengan desain 3d, kita dapat memvisualisasikan suatu prototipe yang belum ada wujudnya. Dalam tahap pembuatan gedung dalam 3D akan menggunakan Google Sketchup. Google Sketchup memiliki keunggulan dibanding software desain lainnya seperti Archicad, Autocad, 3D Studio Max adalah penggunaan yang mudah dengan tools yang sederhana dan lengkap. Permasalahan dalam pelakasanaan PKM ini adalah kurangnya pengetahuan tentang Aplikasi Gambar 3D. Sasaran eksternal adalah pemahaman siswa tentang penggunaan Aplikasi Gambar 3D. Metode yang digunakan adalah: ceramah, diskusi,pelatihan dan tanya jawab. Hasil yang dicapai adalah (1) mitra mengenal Aplikasi Gambar 3D, (2) mitra memiliki kemampuan menggunakan Aplikasi Gambar 3D. Kata kunci: Archicad, Autocad, 3D Studio Max.

Full Text:

PDF

References


Aplikasi, P., Berbasis, D., Dan, M., Desain, F.,

Kreatif, I., Unggul, U. E., Barat, D., & Ilmu, F.

(2017). RENDERING UNTUK PENDIDIKAN

YANG KREATIF PADA SEKOLAH DASAR

ISLAM AL-CHASANAH Kegiatan Pengabdian

Kepada Masya- mampu menghadapi dan mengatasi

tantangan Al-Chasanah memperluas atau menambah

pengetahuan dan Maksud dari kegiatan ini adalah

melaksanakan Penga. 4(September).

Krisdianto, R., & Suparji. (2018). Penerapan

Media 3D Sketchup Pada Model Pembelajaran

Langsung Mata Pelajaran Menggambar Dengan

Perangkat Lunak Di SMK Negeri 1 Bendo Magetan.

Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan,

(2/JKPTB/18).

Haris, A., Sianturi Jurusan Teknik Informatika

STT-PLN Jakarta Jl Lingkar Luar Barat, M., &

Kosambi, D. (2016). RANCANG BANGUN

APLIKASI MODEL 3 DIMENSI SEBAGAI

MEDIA PENGENALAN RUANG BAGI

MAHASISWA BARU DENGAN PENDEKATAN

LUTHER SUTOPO (Studi Kasus : STT-PLN).


Article Metrics

Abstract view : 29 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.