PKM Pemanfaatan Model Explicit Instruction Untuk Penunjang Keterampilan Menulis

Abdul Azis(1*), Ramly Ramly(2), Asia Asia(3), Shafariana Shafariana(4),

(1) Jurusan Bahasa Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Bahasa Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Bahasa Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar
(4) Jurusan Bahasa Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Keterampilan menulis sebagai salah satu keterampilan berbahasa siswa. Pemanfaatan Model Explicit Instruction ini sebagai penunjang keterampilan menulis akan terus dikembangkan di lingkungan siswa. Model Explicit Instruction tebukti memiliki kelebihan dalam mempresentasikan hasil tulisan dari seorang penulis kepada orang lain. Hasil analisis dalam tulisan ini diharapkan dapat mendapat gambaran yang jelas sehingga diperoleh  pemahaman yang benar mengenai kondisi siswa kaitannya dalam pemamfaatan Model Explicit Instruction dalam proses menulis. Kegiatan pelatihan meningkatkan ketrampilan siswa dalam penguasaan keterampilan menulis dan proses lain yang terkait. Siswa SMA dapat mengoptimalkan performa  keterampilan menulis melalui Model Explicit Instruction  untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan mempermudah pengelolaan tulisan banyak digunakan.

Kata Kunci: menulis, Model Explicit Instruction


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arsyad, Azhar. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Azis, Abdul dkk. (2023). “Pelatihan Pemanfaatan Model Explicit Instruction untuk Penunjang Keterampilan Menulis Bagi Siswa MA DDI Maros Kabupaten Maros”. Laporan Hasil Pengabdian. UNM: LP2M UNM.

Coy, Gordon Dryden, Jeannete Vos. (2016). Revolusi Cara Belajar. Bandung: Kaifa.

Daryanto. (2020). Model Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Model.

Haron, Mohammed. (2016). Gambar Deskripsi sebagai Bahan Motivasi dalam Pengajaran Karangan. Malaysia: Makalah.

Sadiman, Arief S. (2012). Model Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Simanjuntak, Lisnawaty, dkk. (2013). Metode Mengajar Keterampilan menulis jilid II. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. (2016). Model Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Supriadi. (2018). Penggunaan Gambar Deskripsi dalam Pelatihan Menulis. Bandung: Jurnal.

Suwangsih, Erna, dkk. (2016). Model Pelatihan Menulis. Bandung: UPI PRESS.

Akhadiah, 2022. Menulis I. Jakarta: Universitas Terbuka

Depdiknas, (2016). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdiknas

Jobrohim, Anwar, dan Suminto SA, (2018). Cara Menulis Kreatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kemmis, S,R. Mc. Taggat. (2018). The Action Research Planner. Victoria: Deakin University Press

Rahmat dan Suhardi, (2018). Evaluasi Pengajaran. Jakarta: Dirjen Pendidikan Tinggi

Suparno dan Yunus, M. (2017). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka

Syafi’ie, I, (2019). Pembelajaran Membaca dan Menulis di Sekolah Menengah. Malang: Universitas Negeri Malang

Tarigan. (2016). Keterampilan Menulis. Bandung: PT Angkasa

Wardani, IGK. (2017). Pelatihan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.


Article Metrics

Abstract view : 43 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.