PKM Pemanfaatan Model Explicit Instruction Untuk Penunjang Keterampilan Menulis
(1) Jurusan Bahasa Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Bahasa Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Bahasa Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar
(4) Jurusan Bahasa Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak. Keterampilan menulis sebagai salah satu keterampilan berbahasa siswa. Pemanfaatan Model Explicit Instruction ini sebagai penunjang keterampilan menulis akan terus dikembangkan di lingkungan siswa. Model Explicit Instruction tebukti memiliki kelebihan dalam mempresentasikan hasil tulisan dari seorang penulis kepada orang lain. Hasil analisis dalam tulisan ini diharapkan dapat mendapat gambaran yang jelas sehingga diperoleh pemahaman yang benar mengenai kondisi siswa kaitannya dalam pemamfaatan Model Explicit Instruction dalam proses menulis. Kegiatan pelatihan meningkatkan ketrampilan siswa dalam penguasaan keterampilan menulis dan proses lain yang terkait. Siswa SMA dapat mengoptimalkan performa keterampilan menulis melalui Model Explicit Instruction untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan mempermudah pengelolaan tulisan banyak digunakan.
Kata Kunci: menulis, Model Explicit Instruction
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Arsyad, Azhar. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Azis, Abdul dkk. (2023). “Pelatihan Pemanfaatan Model Explicit Instruction untuk Penunjang Keterampilan Menulis Bagi Siswa MA DDI Maros Kabupaten Maros”. Laporan Hasil Pengabdian. UNM: LP2M UNM.
Coy, Gordon Dryden, Jeannete Vos. (2016). Revolusi Cara Belajar. Bandung: Kaifa.
Daryanto. (2020). Model Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Model.
Haron, Mohammed. (2016). Gambar Deskripsi sebagai Bahan Motivasi dalam Pengajaran Karangan. Malaysia: Makalah.
Sadiman, Arief S. (2012). Model Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Simanjuntak, Lisnawaty, dkk. (2013). Metode Mengajar Keterampilan menulis jilid II. Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. (2016). Model Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Supriadi. (2018). Penggunaan Gambar Deskripsi dalam Pelatihan Menulis. Bandung: Jurnal.
Suwangsih, Erna, dkk. (2016). Model Pelatihan Menulis. Bandung: UPI PRESS.
Akhadiah, 2022. Menulis I. Jakarta: Universitas Terbuka
Depdiknas, (2016). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdiknas
Jobrohim, Anwar, dan Suminto SA, (2018). Cara Menulis Kreatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kemmis, S,R. Mc. Taggat. (2018). The Action Research Planner. Victoria: Deakin University Press
Rahmat dan Suhardi, (2018). Evaluasi Pengajaran. Jakarta: Dirjen Pendidikan Tinggi
Suparno dan Yunus, M. (2017). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka
Syafi’ie, I, (2019). Pembelajaran Membaca dan Menulis di Sekolah Menengah. Malang: Universitas Negeri Malang
Tarigan. (2016). Keterampilan Menulis. Bandung: PT Angkasa
Wardani, IGK. (2017). Pelatihan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Article Metrics
Abstract view : 43 times | PDF view : 2 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.