Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Canva pada SMK Negeri 8 Majene di Era MBKM

Labusab Labusab(1*), Ismail Aqsha(2), Andi Baso Kaswar(3), M. Miftach Fakhri(4), Muhammad Irwan(5),

(1) Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Teknik Informatika dan Komputer, Universitas Negeri Makassar
(4) Jurusan Teknik Informatika dan Komputer, Universitas Negeri Makassar
(5) Jurusan Teknik Mesin, Akademi Komunitas Manufaktur Bantaeng
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak Media pembelajaran menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk mengefektifkan proses pembelajaran. Dengan menggunakan media pembelajaran yang tepat, peserta didik diharapkan dapat secara efektif memahami materi pelajaran. Studi menunjukkan bahwa penggunaan Canva sebagai alat pengembangan bahan ajar dapat membantu guru dan siswa menjadi lebih kreatif, meningkatkan minat siswa dalam belajar, dan meningkatkan prestasi siswa. Oleh karena itu, pada kegiatan Program kemitraan Masyarakt ini dilaksanakan Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Canva pada SMK Negeri 8 Majene di Era MBKM. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman guru tentang cara menggunakan Canva sebagai media pembelajaran yang efektif dan efisien. Kegiatan pelatihan ini dilakukan melalui metode ceramah, tanya jawab, dan latihan/praktek. Kegiatan ini terdiri dari tahapan persiapan, tes awal, pelaksanaan, tes akhir, dan evaluasi. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa pelatihan dapat meningkatkan pemahaman peserta tentang pembuatan bahan ajar berbasis canva, dan peserta secara umum memberikan ulasan yang positif tentang pelaksanaan pelatihan.

Kata kunci: Bahan Ajar, Canva, MBKM, SMK, Majene


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Diana, P., & Jaya, P. (2021). Pengembangan materi ajar dasar listrik dan elektronika berbasis canva di SMK negeri 5 Padang. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 9(1), 32–39.

Fitria, T. N. (2022). Using Canva as media for English Language Teaching (ELT) in developing creativity for Informatics students’. ELT Echo: The Journal of English Language Teaching in Foreign Language Context, 7(1), 58–68.

Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan media video animasi berbasis aplikasi canva untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394.

Heriyanti, A., Nurjannah, N., Kaswar, A. B., & Mutahharah, A. M. (2023). Development of Teaching Materials on Sine and Cosine Rules based on Flipbook for Mathematics Education Students. AlphaMath: Journal of Mathematics Education, 9(1), 33–41.

Kaswar, A. B., Nurjannah, N., Fathahillah, F., & Andayani, D. D. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Praktis dan Interaktif untuk Guru SMP Kabupaten Bone. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 172–180.

Kaswar, A. B., Nurjannah, & Zain, S. G. (2021). Mudah Belajar Pemrograman Dasar C++ (S. Ella (ed.)). Syiah Kuala University Press.

Puspita, R. D., Wardani, D. S., & Rabbani, S. (2022). DEVELOPMENT OF TEACHING MATERIALS TO IMPROVE READING COMPREHENSION SKILLS FOR 5TH GRADE STUDENTS: CANVA APP SUPPORTED. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 6(2), 163–172.

Puspitasari, R., Hamdani, D., & Risdianto, E. (2020). Pengembangan e-modul berbasis HOTS berbantuan flipbook marker sebagai bahan ajar alternatif siswa SMA. Jurnal Kumparan Fisika, 3(3), 247–254.

Saparuddin, Kaswar, A. B., & Patongai, D. D. P. U. S. (2022). Pendampingan Pengembangan Media Pembelajaran Dua Dimensi bagi Guru SMA Negeri 9 Makassar. Jurnal IPMAS, 2(2), 63–71.

Saparuddin, S., & Kaswar, A. B. (2022). Pelatihan Peningkatan Keterampilan Pembuatan Video Pembelajaran Berbasis Microlearning menggunakan Aplikasi Bandicam dan Filmora. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 4(4), 638–647.

Wulandari, D., Risdianto, E., & Setiawan, I. (2022). Development of E-Module Materials of Quantities and Units Using Canva to Increase Students’ Interest in Learning: Development of E-Module Materials of Quantities and Units Using Canva to Increase Students’ Interest in Learning. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (JENTIK), 1(1), 25–34.


Article Metrics

Abstract view : 33 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.