Pelatihan Membuat Komik Dengan Aplikasi 3D Max pada Komunitas Stofo Kota Makassar

Aswar Aswar(1*), Faizal Erlangga Makawi(2), Harmin Hatta(3),

(1) Jurusan Seni Rupa dan Desain Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Seni Rupa dan Desain Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Seni Rupa dan Desain Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak Tujuan dari pengabdian in adalah memberikan kemampuan dan pemahaman kepada komunitas Stofo dalam menggunakan aplikasi 3D Max dalam membuat komik. Kemampuan dan pemahaman atau mindset sangat penting diberikan agar komunitas ini tidak hanya memiliki kemampuan, tetapi mereka paham bahwa aplikasi 3D Modelling menjadi satu bagian dalam membaut karya komik dalam dunia international. Sehingga para komikus Stofo mampu membuat komik chapter dan terjun kedalam dunia bisnis seperti desain industri, Webtone dan lainnya pada era revolusi industri 4.0 dan Society 5.0 dengan baik. Metode yang digunakan adalah mindset atau pemahaman polapikir tentang pentingnya belajar 3D modelling, dan juga pemberian tutorial secara bertahap didalam lab komputer. Para komikus akan diajarkan secara step by step atau secara bertahap mulai dari dasar dalam menggunakan aplikasi 3D Max. Dimulai dengan menggunakan tools yang sering diaplikasikan, dan membuat bentuk 3D modeling yang sederhana. Hasil dari kegiatan ini menunjukan bahwa; (1) minat peserta kegiatan sangat tinggi dalam mengaplikasikan aplikasi 3D Modelling untuk membuat komik; (2) peserta kegiatan mampu membuat latar 3 dimensi pada latar komik; (3) peserta kegiatan tertarik dalam mengembangkan kemampuan mereka dalam menggunakan 3D modelling untuk komik.

Kata kunci: 3D Max, 3D modelling, Komik, Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ellitan, L. (2020). Competing in the Era of Industrial Revolution 4.0 and Society 5.0 Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, 10 (1), 1-12.

Hermawan, I., Supiana, S., & Zakiah, Q. Y. (2020). Kebijakan Pengembangan Guru di Era Society 5.0. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 2(2), 117–136. https://doi.org/10.35719/jieman.v2i2.33

LP2M-UNM. (2022). Panduan PNBP Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Tahun 2022. Makassar: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNM.

Maya Novita Sari & Destri Fitriana. (2022). LEDAKAN BARU PENDIDIKAN ISLAM: Bagaimana Kecerdasan Siswa Disiapkan Memasuki Era Society 5.0. JURNAL RISET RUMPUN AGAMA DAN FILSAFAT, 1(1), 73–79. https://doi.org/10.55606/jurrafi.v1i1.166

Narvaez Rojas, C.; Alomia Peñafiel, G.A.; Loaiza Buitrago, D.F.; Tavera Romero, C.A. (2021). Society 5.0: A Japanese Concept for a Superintelligent Society. Sustainability 2021, 13, 6567. https://doi.org/10.3390/su13126567

Pujiono, A. (2021). Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Kristen di Era Society 5.0. Skenoo : Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 1(2), 78–89. https://doi.org/10.55649/skenoo.v1i2.15

Putra, H. P., Duadji, N., & Sulistio, E. B. (2020). PENERAPAN TEKNOLOGI INDUSTRI 4.0 DALAM PELAYANAN PUBLIK DI BIDANG ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN (STUDI PELAYANAN KARTU PENDUDUK ELEKTRONIK PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN WAY KANAN). 2.

Rahayu, N. I. A. (2020). KEPEMIMPINAN KEPALA PAUD DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0.

Rezky, M. P., Sutarto, J., Prihatin, T., & Yulianto, A. (n.d.). Generasi Milenial yang Siap Menghadapi Era Revolusi Digital (Society 5.0 dan Revolusi Industri 4.0) di Bidang Pendidikan Melalui Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Savitri, A. (2019). Revolusi industri 4.0: mengubah tantangan menjadi peluang di era disrupsi 4.0. Penerbit Genesis.

Sawitri, D. (2019). JURNAL ILMIAH MAKSITEK ISSN. 2655-4399. 4(3).

Surya, G. G. (2020). GAYA PENDIDIKAN 3D MODELLING (CAD/CAID) KE 3D PRINTING SEBAGAI LANGKAH DASAR DESAIN SESUAI REVOLUSI INDUSTRI KE EMPAT. Jurnal Kreatif : Desain Produk Industri Dan Arsitektur, 7(1). https://doi.org/10.46964/jkdpia.v7i1.14


Article Metrics

Abstract view : 26 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.