PKM Pelatihan Media Video Pembelajaran

Awaluddin Muin(1*), Farida Febriati(2), Nurhikmah H(3), Pattaufi Pattaufi(4),

(1) Jurusan Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(4) Jurusan Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak Ada beberapa faktor yang mempengaruhi tercapainya tujuan pembelajaran dalamn proses belajar mengajar diantaranya pendidik, peserta didik, lingkungan, metode/teknik serta media pembelajaran. Pada kenyataannnya, apa yang terjadi dalam pembelajaran seringkali terjadi proses pengajaran berjalan dan berlangsung tidak efektif. Banyak waktu, tenaga dan biaya yang terbuang sia-sia sedangkan tujuan belajar tidak dapat tercapai bahkan terjadi noises dalam komunikasi antara pengajar dan pelajar. Hal tersebut diatas masih sering dijumpai pada proses pembelajaran selama ini. Dengan adanya media pembelajaran maka tradisi lisan dan tulisan dalam proses pembelajaran dapat diperkaya dengan berbagai media pembelajaran. Dengan tersedianya media pembelajaran, pendidik dapat menciptakan berbagai situasi kelas, menentukan metode pengajaran yang akan dipakai dalam situasi yang berlainan dan menciptakan iklim yang emosional yang sehat diantara peserta didik. Tujuan yang ingin capai dalam kegiatan ini adalah untuk membantu guru dalam mengembangkan media video pembelajaran. Kegiatan ini akan dilaksanakan di Sma negeri 1 Majene. Untuk mencapai tujuan dan target yang telah ditetapkan dalam kegiatan ini maka dirancang beberapa tahap pelaksanaan. Tahap pertama kegiatan adalah observasi, yaitu mengadakan orientasi terhadap permasalahan-permasalahan yang dihadapi guru yang ada di SMA Negeri 1 Majene yang menjadi sasaran pelaksanaan kegiatan ini. Tahap kedua: pelaksanaan kegiatan melalui strategi eksplanatori dan praktek yaitu pemaparan materi tentang teknik pengambilan gambar. Tahap ketiga: demonstrasi dan bimbingan yaitu memberikan kesempatan para peserta untuk mengembangkan media video pembelajaran. Tahap keempat mengadakan evaluasi, guna mengetahui tingkat penguasaan pengetahuan dan keterampilan peserta pasca pelatihan.

Kata kunci: media pembelajaran, Media Video pembelajaran

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Achsin, A. 1993. Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar Masa Kini. Ujungpandang: IKIP Ujungpandang.

Andi Prastowo. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Arsyad, A., 2006. Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Arsyad, Azhar. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Daryanto.2010. Media Visual: Bandung: Tarsito.

Djamarah, S.B., dan Zain, A. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Gde Putu Arya Oka. 2012. Konsep, Prinsip Dan Prosedur Serta Teknik Produksi Video. Disajikan pada Sosialisasi Festival Video Edukasi (Roadshow di 5 Kota Besar di Indonesia) Selasa, 10 April 2012, di Hotel Nirmala, Denpasar.

Hapenciuc, C.V., Burciu & Cioban, G., 2007. Implementation of The Sytem of The Management of Education Quality Basic Requirement For E.U. Integration. SSRN, 1, pp.1–9

Mahadewi, Putrini. 2006. Media Video Pembelajaran. Singaraja: Undiksha.

Nurhikmah, H. & Haling, A., 2020. Peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan media video di Kabupaten Sinjai. PROSIDING SEMINAR NASIONAL, 1, pp.715–716

Permana Erik dan Parapaga E. 2013.A-Z Otodidak Dslr & Mirrorless: Yogyakarta: Cemerlang Publishing.

Sadiman, 2002. Media Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada

Siwi, Utaminingtyas. 2012.. Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Kemampuan Menyimak Dongeng Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri Panjatan, Kulon Progo. Diss. Universitas Yogyakarta.


Article Metrics

Abstract view : 20 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.